Menumbuhkan Semangat Dalam Bekerja

oleh | 7 August 2020 | 0 Komentar

Semangat kerja adalah kunci keberhasilan. Di sisi lain, banyak para karyawan yang merasa tidak bersemangat karena melakukan rutinitas pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun. Rutinitas memang terkadang membuat kita jenuh dan tidak bersemangat. Hilangnya motivasi kerja tentu sangat wajar dialami. Rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja memang harus diatasi agar kita tidak semakin stagnan.

Bukan hanya soal rutinitas saja, tetapi ada hal–hal lain yang juga dapat menghilangkan semangat dalam bekerja, mulai dari deadline yang tiada henti hingga suasana kantor yang tidak kondusif.

Hilangnya semangat tersebut tentu akan sangat memengaruhi kinerja kita dalam bekerja karena semangat dan kerja keras merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk menumbuhkan kembali semangat dalam bekerja.

Salah satu cara untuk meningkatkan semangat adalah mengawali hari kerja dengan suasana hati yang ceria. Hindari mengeluh dan malas-malasan untuk berangkat ke kantor. Semangat dalam bekerja hubungannya sangat erat dengan suasana hati kita. Jika kita berangkat dari rumah dengan suasana hati yang senang dan bahagia, maka saat di kantor pun tentu kita masih akan bahagia dan sumringah saat memulai pekerjaan.

Menurut penelitian, semangat yang hilang dapat atau bisa kembali datang ketika seseorang mengingat kembali keberhasilan yang pernah ia raih. Mengingat saat-saat yang menyenangkan ketika meraih kesuksesan menjadi pemicu bagi kelenjar adrenalin untuk bekerja lebih aktif, sehingga kita pun bergairah untuk kembali bersemangat, kreatif, dan lebih percaya diri.

Cara lainnya adalah menyalurkan rasa suntuk kerja dengan melakukan aktivitas-aktivitas non-kerja yang disukai. Mulai dari membaca buku, menonton film, travelling, atau memasak. Setelah melakukan hobi biasanya akan timbul kembali semangat untuk beraktivitas.

Hal lain lagi yang juga penting adalah fokus saat melakukan tugas-tugas Anda. Hindari pikiran melayang-layang saat kerja. Serutin apapun, jika kita bisa fokus maka tugas akan cepat selesai.  Dengan fokus kita juga bisa menemukan cara-cara baru. Hal ini karena kita menggunakan pikiran kita sepenuhnya untuk tugas tersebut. Jadi, selain tugas cepat selesai, kinerja kita juga akan meningkat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih kegiatan sekaligus, malah menjadi mudah teralihkan pikirannya, dan kualitas pekerjaan mereka buruk. Kuncinya, fokus selesaikan satu tugas di satu waktu sebelum beralih ke pekerjaan berikutnya. Dengan demikian kita mendorong diri sendiri untuk maju sekaligus juga menumbuhkan semangat kerja kita.

Semangat!

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.