Tujuan berkarir

oleh | 12 July 2012 | 0 Komentar

Bagaimana cara menjawab pertanyaan yang signifikan ketika mendapatkan pertanyaan “apa tujuan anda dalam berkarir secara objective?”

Mita

Dear Sdr.Mita,

Pertanyaan itu, setidaknyauntuk melihat kesesuaian tujuan berkarir personal dengan posisi/jenis pekerjaan yang dilamar dan lebih luas lagi dengan visi-misi perusahaan. Tujuan ini penting karena, untuk individu yang memiliki career objective untuk mengembangkan keilmuan (sains) biologi, misalnya, akan kurang tepat jika melamar di perusahaan yang menitikberatkan pada produksi, dan akan lebih tepat jika melamar sebagai peneliti di satu institusi penelitian, atau di dunia pendidikan. Kemungkinan lainnya, pelamar tadi akan mendapatkan tawaran sebagai tim research & development.

Tujuan lainnya adalah untuk melihat ‘visi-misi’ dan/goal pelamar dalam bekerja. Mungkin hal ini terdengar muluk, namun sebenarnya logis dan sederhana. Perusahaan lebih tertarik pada pelamar yang telah mengetahui tujuan karirnya atau dalam bahasa lebih sederhana adalah yang mengetahui untuk apa ia bekerja, atau melamar di posisi X dan mengapa di perusahaan itu, mengapa tidak di tempat lain. Bagaimana dengan fresh graduate yang terkesan ‘pokoknya dapat kerja dulu’? Kesan ini dapat dimengerti, namun setidaknya, tunjukkan bahwa Anda memiliki tujuan personal dalam bekerja, selain alasan finansial.

Perlu kembali diingat bahwa perusahaan memiliki keinginan tumbuh, tidak hanya ada atau bertahan. Untuk dapat tumbuh, tentu membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat, setidaknya semangat personal yang sejalan dengan visi-misi perusahaan/institusi. Anda bisa mengetahui visi-misi perusahaan melalui website, untuk itu, cermati terdahulu, dan pikirkan dengan matang, apakah memang sesuai dengan keinginan personal. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang menarik dari perusahaan ini, apa yang membuat saya tertarik dengan pekerjaan ini, perusahaan ini, dan sebagainya. Tanyakan pula, apa yang ingin diraih dalam 2-3 tahun ke depan (baik pelamar fresh graduate maupun level lebih tinggi). Apakah bergabung dalam perusahaan ini dapat menjadi sinergi positif, atau sebaliknya?

Untuk contoh career objective, silahkan mencermati konsultasi berikut http://konsultankarir.com/2009/11/17/konsultasi/tujuan-karir/ . Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.