Tips mencari pekerjaan yang tepat

oleh | 6 November 2021 | 0 Komentar

Siapa bilang mencari pekerjaan itu gampang? Apalagi pekerjan yang tepat dan menyenangkan hati. Padahal, memilih karir yang tepat dengan aspirasi diri merupakan awal dari kesuksesan. Seseorang yang berkarir sesuai minat, bakat, dan kemampuan tentu akan lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan. Kinerja dan produktivitas meningkat, dampaknya gaji, bonus, dan kenaikan jabatan juga akan mengikuti.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang tepat. Nah, bagaimana mencari pekerjaan seperti itu?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengenali bakat dan kemampuan yang ada pada dirimu. Ya, semua orang punya minat dan bakat uniknya masing-masing. Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mengikuti tes minat dan bakat.

Tetapi sayangnya, tidak semua orang bisa berkarir dan bekerja sesuai kata hati dan minat pribadi. Banyak hal-hal diluar keinginan yang memaksa kita untuk bekerja diluar minat dan bakat. Tentunya ini harus bisa dikelola dengan baik agar karir bisa tetap berkembang.

Lalu, kamu juga perlu mencari tahu apa saja peluang dan pengembangan karir yang ditawarkan perusahaan. Sebuah pekerjaan yang baik akan memberi kamu banyak peluang untuk belajar keterampilan baru, meningkatkan skill dan kemampuan, dan meningkatkan posisi kamu dalam hal otoritas dan tanggung jawab.   

Oleh karena itu, carilah perusahaan yang memiliki jalur karir dan program training yang tepat untuk kamu, agar kamu bisa terus berkembang.

Hal selanjutnya yang perlu dikenali adalah lingkungan dan rekan kerja. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menemukan pekerjaan yang tepat. Bisa dibilang tempat kerja merupaka ‘rumah kedua’ dalam keseharian kamu.

Setidaknya kamu akan berada dan menghabiskan waktu selama 8 sampai 10 jam dalam sehari di kantor. Kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama rekan kerja dibandingkan keluarga di rumah.

Karena itu, kamu perlu mencaritahu bagaimana pola interaksi di perusahaan, agar bisa mendapatkan rekan kerja yang cocok dengan kepribadianmu. Rekan kerja bisa menjadi teman diskusi, baik dalam hal pekerjaan maupun hal diluar pekerjaan.

Mendapatkan rekan kerja yang menyebalkan hanya membuat hidup kita menjadi tidak nyaman. Cermati juga aturan dan ketentuan yang diterapkan perusaahaan,  dari mulai jam kerja sampai pakaian yang harus di kenakan serta lokasi tempat kerja.

Memilih pekerjaan yang tepat, jelas bukan sebuah perkara mudah, bahkan sering membuat bimbang. Untuk itu, agar bisa memilih pekerjaan yang tepat memang dibutuhkan  pengalaman dan pengetahuan yang memadai.

Satu hal yang pasti, kamu akan tahu pekerjaan saat ini tepat atau tidak dengan menilai seberapa nyaman dan bahagia kamu berada di sana. Jika kamu memang senang dan bahagia bisa bekerja di perusahaan tersebut, itu sudah menjadi indikator yang menunjukkan bahwa kamu sudah berada di tempat yang tepat.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.