Tips Hindari Menjadi Entrepeneur Dadakan

oleh | 29 January 2021 | 0 Komentar

Entrepreneur dadakan yang sukses memang terlihat sangat menarik. Semua orang tentu ingin langsung sukses tanpa susah payah, mempunyai banyak uang dari bisnis yang mereka kembangkan dalam waktu singkat.

Apakah ada? Ada, biasanya ini karena keberuntungan. Masuk pasar di saat yang tepat. Namun, saat pasar dan pelanggan berubah, mereka tidak tahu cara mengatasinya. Tidak sanggup bertahan. Kemudian menyerah menghadapi berbagai tantangan. Selesai sudah.

Jarang sekali, entrepreneur dadakan, mampu bertahan lama. Kualitas dadakan atau instan tentu tidak sebaik mereka yang berjuang mati-matian dan belajar segalanya dari nol.

Dibandingkan menjadi entrepreneur yang dadakan sukses,  kemudian dadakan juga jatuhnya, lebih baik berupaya menjadi entrepreneur yang suksesnya jangka panjang.

Inilah tips bagaimana menjadi entrepreneur sukses yang tidak dadakan. Bukankah yang dadakan-dadakan itu bikin emosi kita jadi naik turun dengan cepat? Pasti rasanya tidak enak. Jadi, lebih baik, berupaya menjalaninya dengan sabar. Sehingga suksesnya juga akan bertahan sesuai kesabaran yang kita bangun.

Develop your passion, NOT find your passion!

Hal pertama untuk menghindari menjadi entrepreneur dadakan adalah kembangkan passion. Passion adalah sesuatu yang kamu sukai dan selalu berhasrat mengerjakannya. Kita tidak menemukan passion (find passion). Mengapa? Karena passion sudah ada di dalam diri kamu.

Kalau sudah ada di dalam kamu, apa perlu ditemukan lagi? Itu namanya cari-cari kerjaan. Kamu hanya perlu merasakan, memahami, dan meyakininya. Nah, begitu kamu yakin itu passionmu, kembangkanlah!

Mengembangkannya yang butuh waktu. Tapi, inilah kuncinya. Dari proses mengembangkan ini, kita belajar dan tumbuh.  Semakin banyak yang kamu pelajari, semakin lengkap wawasan kamu untuk mengembangkan bisnis.

Semakin besar upaya dan  energi yang kamu curahkan untuk itu, semakin tinggi hasrat kamu untuk sukses menjadikannya bisnis yang sukses. Bisnis yang bertahan dalam waktu lama dan sukses.

Sebaiknya kita tidak menjalankan bisnis setengah hati. Setengah hati hanya akan mendatangkan kegagalan. Ketika kita selalu mencintai apa yang kita lakukan, maka semua hal positif akan kita dapatkan. Kita hanya perlu percaya. Tentunya juga berusaha.

Lakukan Secara Bertahap

Entrepreneur yang suksesnya maksimal, tidak diciptakan dalam waktu singkat. Mereka melakukan semua hal bertahap. Proses bertahap akan memberikan hasil yang lebih baik. Sebaiknya, tidak memaksakan diri untuk melakukan semua hal atau semua tahapan sekaligus. Selain melelahkan, hal tersebut menimbulkan kompleksitas yang tidak perlu.

Bahkan, bisa jadi membawa Anda kembali ke tahapan awal dan harus mengulang lagi semuanya. Dengan melakukan semua hal secara bertahap, Anda juga terhindar dari permasalahan yang sulit untuk diselesaikan. Hal ini disebabkan karena Anda sudah tahu titik letak salahnya dari mana.

Demikian, tips sukses menjadi entrepreneur jangka panjang. Semangat!

 

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.