Tertarik Menjadi Coach? Pahami Dulu Pengembangan Diri Seorang Coach

oleh | 12 March 2021 | 0 Komentar

Apakah Anda tertarik memiliki profesi tertentu? ada banyak sekali profesi yang bisa Anda pilih sesuai dengan keterampilan dan kemampuan Anda. Salah satunya adalah profesi coach. Apa itu profesi coach? Ada banyak sekali jenis dalam profesi coach, misal, business coach, executive coach, leadership coach, life coach, career coach, dll. 

Memulai profesi coach memang tidak semudah yang Anda bayangkan, selain penting memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap human development, Anda juga perlu memiliki pengetahuan dan skill untuk membangun profesi sebagai coach profesional.

Pengertian dan Peran Coach

Sebelum Anda menyimak bagaimana tips agar bisa menjadi seorang coach  profesional, maka Anda harus mengetahui apa itu pengertian coach. Sekilas Anda mungkin mengira profesi coach menjalani pekerjaan yang sama dengan menjadi mentor, tetapi ternyata hal ini jauh berbeda.

Coach memiliki peran membantu seseorang untuk mencapai tujuan orang tersebut  tanpa memberikan nasehat atau saran apapun pada orang tersebut. Tugas coach adalah mendengarkan, bertanya, ataupun menggali informasi yang tepat terkait dengan kepentingan klien menyusun dan mencapai tujuannya. Sehingga langkah-langkah apapun yang diambil klien, maka itu murni berasal dari diri klien itu sendiri.

Bagi Anda yang ingin memulai karir dalam dunia coaching, berikut ini beberapa hal yang harus diketahui untuk mengembangkan  diri menjadi coach profesional dan kompeten.

1. Listening

Seorang coach wajib memiliki kemampuan mendengarkan dan memahami tanpa menghakimi. Coach profesional bersedia mendengarkan apa saja yang klien katakan guna memaksimalkan potensi yang ada didalam diri klien. Karena dari percakapan itulah, seorang coach akan mampu membantu klien agar klien dapat meraih tujuan yang diinginkannya.

2. Kredibilitas

Ciri lain dari coach profesional adalah kredibilitas yang dibangun. Inilah pentingnya mengapa sebelum memulai profesi coach, Anda harus tahu bagaimana membangun kredibilitas agar para klien Anda semakin percaya dengan kompetensi Anda. Salah satu cara membangun kredibilitas adalah memiliki sertifikat yang berasal dari lembaga yang terpercaya, jika perlu diakui di tingkat internasional.

3. Pengalaman

Berapa lama jam terbang Anda, biasanya akan menjadi tolok ukur untuk klien memilih Anda sebagai coach mereka.  Seorang coach andal dapat dilihat dari keberhasilannya membantu klien meraih tujuan, dan bukan hanya seberapa banyak klien yang dimilikinya. Keberhasilan Anda membantu klien berkembang akan menjadi modal besar untuk mendapatkan kepercayaan dari calon klien Anda.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus mencari tahu apakah kerangka kerja yang  Anda bangun sudah terbukti efektif atau belum. Profesi coach sama seperti profesi lainnya, harus selalu meng-update pengetahuan dan kemampuannya untuk tetap berkembang sejalan dengan perkembangan zaman.  Hal ini juga menentukan bagaimana kualitas coach tersebut. 

Demikian beberapa tips yang bisa dipertimbangkan untuk mendalami profesi coach. Semoga sukses!

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.