sikap sebagai pegawai baru

oleh | 19 October 2008 | 0 Komentar

Saya adalah pegawai yang baru diangkat menjadi PNS. setelah saya berubah status menjadi PNS saya merasa semua orang menjadi lebih memperhatikan saya dan selalu ingin mencari celah dimana kesalahan saya padahal saya sudah berusaha menjadi seorang pegawai yang baik sesuai dengan tata tertib yang ada. Terkadang atasan saya berlaku tidak adil misalnya beliau selalu mengingatkan saya atas kesalahan yang kecil tapi jika senior saya yang berbuat kesalahan mereka tidak pernah ditegur. Selain itu ada beberapa teman saya yang merasa iri karena belum diangkat menjadi PNS, sampai-sampai saya merasa sendiri dan tidak punya teman yang memahami saya. Bagaimanakah seharusnya saya menyikapi masalah ini? Terimakasih atas bantuannya, wassalam

Marchel

Dear Marchel,

Masalah yang Anda hadapi adalah masalah yang sering sekali terjadi di kantor. Keberhasilan dan kesuksesan kita, seringkali mengakibatkan orang lain menjadi iri dan sirik, kemudian dicarilah cara-cara untuk menjatuhkan kita. Ini adalah hal yang selalu ada selama kita hidup di dunia ini dan ini tidak dapat kita kendalikan. Apakah kita dapat mengendalikan pikiran orang lain? Apakah kita tidak bisa mengendalikan tindakan orang lain? Saya yakin kita tidak bisa, kecuali kita menghipnotis orang tersebut. Namun, tidak semua orang bisa menghipnotis orang lain.

Jadi pertama yang Anda perlu lakukan adalah, terimalah bahwa hal-hal yang tidak enak akan terjadi pada Anda atas setiap keberhasilan Anda. Dengan menerima hal ini, berarti Anda mempersiapkan mental Anda untuk menghadapi berbagai resiko yang akan terjadi. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah kendalikan pikiran Anda agar tetap berpikir tenang dan tidak terpengaruh hal-hal tersebut. Lakukan tindakan yang tepat dan berdampak jangka panjang. Ingat bahwa karir Anda berarti juga bagian dari dari perjalanan hidup Anda yang bermakna penting. Jadi pikirkan dengan matang segala sesuatunya sebelum Anda mengambil tindakan yang akan Anda sesali. Jadi atas orang-orang yang sirik ini, mungkin Anda bisa menerapkan aplikasi dari pepatah: anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.

Kecuali Anda yakin, orang-orang ini berbuat sesuatu yang berdampak fatal terhadap diri Anda, maka Anda harus meminta pertolongan kepada pihak-pihak yang berwenang . Namun kalau hanya sekedar omongan iri dan sirik, biarkanlah saja. Toh, ada banyak orang yang tidak sirik yang bisa menilai siapa yang benar dan siapa yang salah, sepanjang Anda memang berkinerja positif.

Mengenai atasan Anda, adalah wajar seorang atasan mengingatkan kesalahan kecil yang terjadi pada Anda, mengingat Anda baru saja diangkat, jadi Anda perlu belajar banyak. Tujuan atasan Anda baik, agar Anda tidak mengulangi lagi kesalahan yang serupa. Berterima kasihlah atas perhatian atasan Anda tersebut. Sikap atasan yang berbeda antara Anda dan senior Anda bukanlah sesuatu yang aneh. Ini menunjukkan bahwa ia sedang ingin membangun kepercayaan dengan Anda.

Ini adalah moment yang tepat untuk Anda membangun kepercayaan atasan Anda, tunjukkan bahwa Anda bisa bekerjasama dengan baik. Tunjukkan bahwa Anda dapat diandalkan. Jadilah bawahan yang bisa dipercaya atasan dengan menjadi pendukungnya yang setia. Jadilah bawahan yang unggul dengan menunjukkan kinerja terbaik Anda. Anda hanya bisa menjadi atasan unggul jika Anda bisa menjalankan peran sebagai bawahan unggul.

Tetapi ingat jangan sampai Anda terjebak dengan menjadi penjilat. Setiap orang bisa menilai siapa yang sesungguhnya memiliki kinerja baik dengan melihat tindakan dan hasil kerja yang dilakukannya. Jadi tunjukkan perbuatan bukan sekedar omongan.

Demikian juga jika Anda dikritik, terimalah kritikan dengan kritis. Jika baik, gunakanlah. Jika tidak, tetaplah bersikap baik terhadap orang yang memberikan kritik. Ini menunjukkan kedewasaan dan kematangan Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.

Untuk teman-teman yang tidak memahami Anda, tetaplah berbuat baik kepada mereka. Memang mencari teman baik bukanlah hal tidak mudah, tetapi bukan berarti Anda juga menjadi teman yang tidak baik. Kembangkan network dengan teman-teman dari divisi lain, bangun hubungan baik dengan orang-orang di atas Anda. Mudah-mudahan Anda akan menemukan orang baik yang membantu Anda membangun karir.

Demikian, Marchel. Semoga bermanfaat untuk membangun karir Anda di masa depan.

Salam,

andin

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.