Menjadi ?Detektif? Karir

oleh | 30 November 2009 | 0 Komentar

Salah satu cara jitu untuk mengenal pilihan karir yang menjadi incaran adalah berbincang langsung dengan mereka yang telah menjalaninya. Mungkin Anda bisa menemukan di lingkungan sekitar, seperti kampus, keluarga besar, tetangga, atau referensi teman. Bagaimana jika tidak? Anda tetap bisa mencoba melalui e-mail dengan perkenalan dan menjelaskan tujuannya, tentu.

Berbincang mengisyaratkan situasi santai dan informal. Bagaimana jika Anda bereksperimen sendiri sebagai ?detektif & reporter? informal? Artinya, sebelum bertemu sebaiknya kemukakan maksud utama secara santai juga. Informasi ringan ini akan menjadi instal awal di sirkuit sel kelabu dan mental orang tersebut. Secara tidak sadar pula, memori jangka panjangnya akan bergerak mengumpulkan file perjalanan karirnya.

Sementara, Anda sendiri harus menyiapkan diri & mental. Perlukah membawa daftar pertanyaan? Mengapa tidak? Ini bisa menguatkan apresiasi bahwa Anda memang serius ingin mengenal bidang karir itu. Kalaupun tidak, tetap pelajari pertanyaan yang diperlukan sehingga tidak hanya mempererat jaringan sosial atau kerja, namun juga optimal. Berikut daftar pertanyaan yang bisa menjadi acuan:

1. Berapa lama telah menjalani profesi sebagai ____________?

2. Bagaimana Anda memutuskan untuk menjadi seorang ___________?

3. Pendidikan/pelatihan apa yang diperlukan?

4. Bagaimana Anda pertama kali mendapatkan pekerjaan di bidang ini?

5. Apa yang paling Anda suka dalam menjalani profesi ____________?

6. Apa yang paling kurang mengenakan di profesi ____________?

7. Perubahan apa yang paling terasa sejak menjadi __________?

8. Apa yang Anda lakukan sehari-harinya?

9. Apa yang didapat dan pendapatan (nominal) seorang __________ dan sepuluh tahun ke depan?

10. Selain pendidikan/pelatihan formal, pengalaman apa yang dapat membantu saya untuk menjadi seorang _________?

11. Apa yang perlu saya baca & pelajari untuk menjadi seorang _________?

12. Di mana lagi saya bisa mendapatkan informasi tentang karir _________? (Copyright ? 2000 Profiles International, Inc., Waco, Texas USA)

Jika Anda memiliki alat perekam digital/manual, gunakanlah. Sebaiknya jangan langsung didengarkan ulang, mungkin Anda sangat bersemangat, namun berikan jeda waktu kurang lebih 3-4 jam, atau keesokan harinya. Yang perlu Anda lakukan adalah menuliskan ringkasan singkat hasil diskusi tadi. Proses ini akan ?memaksa? berbagai indera Anda untuk mengingat kembali, mengevaluasi, menganalisa, temasuk mengenali (kembali) perasaan yang muncul selama diskusi. Ada baiknya Anda membuat catatan kecil ketika diskusi. Salah satu harapannya, semua ini akan tertanam di memori jangka panjang Anda.

Jangan berhenti pada satu orang atau profesi, mungkin Anda memiliki beberapa minat karir, ?berburulah?! Have fun & enjoy it. Selamat mencoba!

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.