Pilihan keahlian

oleh | 9 January 2012 | 0 Komentar

Yth Konsultan Karir..

Saya seorang mahasiswi Jurusan Administrasi Bisnis salah satu perguruan tinggi negeri. Sekarang saya sedang bingung untuk menentukan konsentrasi apa yang akan saya ambil nanti yang akan menentukan bidang skripsi yang saya ambil. Konsentrasi yang tersedia adalah marketing management, financing management, operating management, human resource management.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
– Piihan konsentrasi mana yang sebaiknya saya pilih? (Jika dilihat dari sisi prospeknya)
– Apakah semua bidang sama saja?
– Sebaiknya pilihan saya tentukan berdasarkan faktor apa?

Saya telah mencoba mengerucutkan pilihan saya menjadi : marketing dan financing,..
Tapi di antara keduanya saya belum bisa menentukan yang mana yang akan saya jalani nanti… Saya harap konsultankarir.com mampu memberikan gambaran karir bagian pemasaran ataupun keuangan beberapa tahun mendatang, bagaimana tantangannya dan kesulitan yang akan dihadapi…

Besar harap saya atas bantuan konsultasi yang diberikan…

Terimakasih

 

Best Regards
Mega

Dear Sdr.Mega,

Ada dua hal mendasar yang berbeda namun memiliki keterkaitan dalam tulisan Anda, yakni: skripsi dan prospek. Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan prospek adalah prospek bekerja? Memang tidak terlalu keliru jika Anda mencoba mempertimbangkan prospek untuk pemilihan skripsi. Akan tetapi, prinsip utama dari skripsi adalah karya ilmiah lebih tepatnya penelitian ilmiah. Proses ini, seperti yang mungkin telah Anda kira/dengar, memerlukan energi yang terus menerus. Untuk itu, mulailah dari satu hal: minat terkuat.

Hanya dengan minat inilah Anda akan mampu menjaga api semangat dan mengubah tantangan menjadi energi positif. Coba tanyakan pada diri sendiri, apa fenomena/masalah/tema/bidang (terkait) di lingkup keilmuan ini yang paling membuat penasaran, paling menimbulkan tanda tanya, atau bahkan paling mengesalkan fenomenanya. Selanjutnya, ‘tarik’ fenomena tersebut dalam konteks keilmuan atau teoretisnya.

Bagaimana dengan prospek (kerja)? Secara singkat, jawabannya memiliki landasan sama namun dengan bahasa berbeda, yakni: passion. Apa yang paling menyenangkan, paling membuat semangat, excited? Sebagai mahasiswa, Anda bisa mulai mengamati diri sendiri dari minat yang akan mengawali proses skripsi. Anda juga bisa mulai membayangkan, kelak, aktivitas seperti apa yang paling ingin Anda lakukan setiap hari? Aktivitas yang hampir tidak ada keterpaksaan dalam melakukannya. Jangan penjara diri Anda dalam label keilmuan yang sempit, galilah potensi diri mulai dari minat, passion, kemudian kembangkan skill teknis dan soft skill Anda. Semoga membantu, terima kasih 🙂

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.