Ingin berkarir kembali

oleh | 29 October 2012 | 0 Komentar

Saya berumur 38 tahun lulusan S1 marketing…..berhenti bekerja umur 31 setelah itu saya bekerja dengan perusahaan keluarga …. pertanyaan saya apa yang saya harus persiapkan untuk memulai karir secara profesional kembali? Karena sudah sempat vacum.

Terima kasih atas perhatiaan dan bantuannya.

Fui Fung

Dear Sdr.Fui Fung,

Kami kurang mendapatkan gambaran tentang perusahaan keluarga di mana Anda bekerja, terutama tentang sistem kerja dan peran/tugas Anda. Mungkin Anda sendiri dapat membandingkan dengan sistem ketika bekerja di perusahaan profesional (bukan keluarga sendiri). Hal ini karena kita tidak dapat menggeneralisasikan perusahaan keluarga.

Secara ringkas, yang perlu dicermati adalah; (a) lingkup/bidang industri – apakah sejenis atau sama sekali berbeda; (b) sistem kerja; (c) posisi & tugas. Pelajari terlebih dahulu bidang kerja yang akan Anda geluti, dalam konteks ini, kami tidak tahu alasan untuk meninggalkan perusahaan keluarga. Apabila terdapat alasan yang signifikan (mengganggu) mendorong keluar, jadikanlah pertimbangan dalam memilih perusahaan/lingkup industrinya.

Anda tidak perlu terlalu risau dengan jeda waktu (7 tahun) berhenti hingga saat ini akan kembali berkarir, karena sebenarnya juga tidak meninggalkan dunia kerja sama sekali. Perusahaan/pewawancara tentu ingin mengetahui mengapa Anda berhenti, bekerja di perusahaan keluarga dan sekarang ingin bekerja di tempat lain. Dalam menjawab ini, fokuslah pada motivasi utama dan kekuatan diri dengan pengalaman yang ada. Anda dapat memulai dengan memperbarui CV-resume, dan galilah pencapaian-pencapaian yang pernah didapat.

Pada prinsipnya tanggung jawab profesional tidak mengenal perusahaan keluarga atau bukan. Hanya saja memang ada karakteristik tertentu di beberapa perusahaan keluarga, namun tuntutan profesional tetap sama. Kami harap semoga pilihan ini searah dengan pengembangan diri Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.