Layakkah saya bekerja di perusahaan idaman

oleh | 24 September 2012 | 0 Komentar

Empat kali saya gagal saat psikotes di perusahaan yang sangat saya idamkan. Kini perusahaan itu sedang butuh tenaga kerja, apakah dengan empat kali kegagalan itu saya lamaran kerja saya masih diterima perusahaan itu?

Henky

Dear Sdr.Henky,

Secara sederhana, psikotest merupakan instrumen untuk mengenal (kompetensi) seseorang seperti kecenderungan pola kerja, emosi, pola sosialisasi dan sebagainya (sesuai dengan karakter/kebutuhan pekerjaan-level). Untuk itu, coba amati kembali, posisi yang Anda lamar, apakah empat kali tes/seleksi yang lalu pada posisi dan level yang sama/sejenis? Misalnya, untuk pekerjaan administrasi diperlukan ketelitian dan ketahanan mengelola rutinitas, sementara untuk marketing memerlukan orang yang lebih dinamis dan komunikatif. Dua pekerjaan ini memiliki perbedaan karakter yang cukup mendasar. Carilah lebih detil jobdesc posisi yang akan Anda lamar dan pertimbangkan benar-benar dengan karakter diri sendiri. Apakah Anda senang bekerja outdoor/indoor, bayangkan jika bekerja di lingkungan pabrik, dan sebagainya. Anda juga dapat membaca artikel http://konsultankarir.com/daftar-profesi/ dan lainnya di website Konsultankarir.com untuk lebih mendapatkan/mengenal diri sendiri.

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa hampir setiap orang akan mampu melakukan kedua tugas tersebut, terlebih dengan kebutuhan kerja yang tinggi. Hal ini tidak salah, karena setiap orang dapat mempelajari skill tersebut, namun bayangkan jika ada 50 pelamar sementara perusahaan hanya membutuhkan 5 orang, maka perusahaan membutuhkan orang yang paling sesuai dengan karakter/kebutuhan tugas. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda tetap semangat untuk berusaha, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.