Sulit mendapat pekerjaan

oleh | 24 May 2012 | 1 Komentar

Assalamualaikum..
Saya mau bertanya Mba, bagaimana cara kerja seorang staf rekrutmen?
Atau apa job description dari seorang staf rekrutmen?
Terimakasih.

Maya

Dear Sdr.Maya,

Staff rekrutmen bertugas untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kualifikasi/kebutuhan perusahaan yang dirumuskan dalam kompetensi teknis (contoh: kompetensi teknis seperti mampu merancang komponen/peralatan yang dibutuhkan) dan soft competency (contoh: menunjukkan kemauan membantu unit kerja lain dengan mempertimbangkan prioritas kerja).

Untuk menjaring/mendapatkan data kandidat, tim rekrutmen bisa bekerjasama dengan Job Hunter , atau memasang iklan di surat kabar/website perusahaan. Kini perusahaan juga memanfaatkan jaringan sosial seperti LInkedIn untuk mendapatkan kandidat. Selanjutnya proses seleksi administrasi, tes kemampuan teknis (misal seorang akuntan/IT – tes ini tidak selalu dilakukan/tergantung kebutuhan) dan uji soft competency melalui psikotest-psikometri-simulasi-interview (assessment center) yang dapat dilakukan oleh tim rekrutmen atau bekerjasama dengan konsultan HR. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

There is 1 comment .

Djoko triyono —

saya punya suami sebenarnya banyak keahliannya dari membuar taman-taman relif lukisan, kaligrafi, janur, neon box, bahkan memasakpun banyak yang mengacungkan jempol karena rasanya, tapi yang mebuat bingung saya dia belum bekerja dengan alasan modal dan usia yang sudah tua. sekitar 46thn. suami hanya menerima pesan setelah selesai ya sudah nganggur lagi, saya bingung bagaimana supaya suami saya bisa bekerja.

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.