Psikotes Menggambar

oleh | 19 May 2012 | 2 Komentar

Saya hari ini mengikuti psikotes untuk posisi sekretaris. Sewaktu diminta untuk menggambar, saya sangat heran. Saya diminta untuk menggambar pohon, tapi tidak boleh pohon pisang, pohon kelapa, bunga, pohon anggur dll. Dapatkah bapak atau ibu menjelaskan alasan sebenarnya mengapa tidak boleh menggambar pohon-pohon tersebut diatas?

Cinderella

Dear Cinderella,

Tes tersebut merupakan salah satu proses untuk mengenali aspek psikologis individu, bukan skill menggambar. Secara singkat, psikologi meyakini adanya perilaku/sikap tak tampak dan tampak. Sikap/perilaku tak tampak ini bukan berarti disembunyikan namun segala sesuatu yang telah diserap dalam kehidupan sehari-hari dan khas di tiap individu (kepribadian, intelegensi, emosi, minat, kebiasaan dsb). Oleh karenanya, psikologi menciptakan beragam instrumen untuk mengungkap baik sikap, minat, maupun perilaku yang terpendam maupun yang dapat diamati langsung. Interpretasi tes ini tidak akan berdiri sendiri melainkan menjadi bagian yang melengkapi hasil tes lainnya. Metode instruksi hingga interpretasi tes memiliki landasan psikologis, akan tetapi, kami tidak dalam kapasitas yang tepat untuk menjelaskannya lebih detil. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

There are 2 comments .

Fiviiya —

Pertanyaan saya berkaitan dengan tes psikotes yg tidak boleh menggambar pohon2 seperti kelapa.
Padahal tidak diinstruksikan untuk tidak boleh..hanya suruh menggambar pohon tanpa instruksi lanjutan..apakah orang yg menggambar pohon kelapa tersebut masih dapat lulus tes?

Reply »
    konsultankarir —

    Sejauh kamu mengikuti instruksinya dengan benar, dan diinstruksi tidak disebutkan tidak boleh gambar pohon-pohon tertentu, ya kamu sudah benar. Ada baiknya jika kamu tidak yakin, tanyakan ulang untuk membuat kamu lebih nyaman mengerjakankan. Bertanya selama proses psikotes tidak akan mengurangi nilai Anda 🙂

    Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.