Bingung

oleh | 1 February 2011 | 0 Komentar

Saya siswa sma kelas 3, sebentar lagi kuliah saya bingung mau ambil fakultas apa. saya anak IPA saya suka pelajaran menghitung tapi tidak terlalu suka dengan menghafalkan rumus. kalau saya kuliah ambil fakultas ips kira – kira yang cocok fakultas ekonomi yang bagaimana? trus kalau ambil fakultas Ipa saya bingung mau ambil apa? yang jelas saya tidak suka pelajaran matematika murni.

Dear Sherly,

Anda menyukai matematika (angka) tetapi bukan matematika murni, dan tidak terlalu suka dengan menghitung. Anda bisa coba menjawab tes kecil berikut:

Apakah Anda tertarik ketika: (a) membaca data berisi laporan keuangan; (b) menyusun/mengamati grafik & chart harga, pendapatan atau inflasi; (c) mereview /membaca berita/artikel keuangan di majalan, koran atau website?

Jika jawabannya: YA. Anda bisa mempertimbangkan pilihan studi Akunting, Keuangan (Finance) atau Ekonomi. Ketiga program studi ini mengedepankan kemampuan analisis untuk memahami kondisi keuangan perusahaan atau industry (termasuk sektor ekonomi lebih luas).

Secara singkat, studi akunting membekali lulusannya untuk mampu memahami elemen-elemen proses audit, menganalisis data-data keuangan, dan mengaplikasikan informasi akuntan secara kritis sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen yang lebih baik. Sementara studi keuangan/finance menawarkan cakupan karir seperti sector perbankan, modal/saham, asuransi, dan analisis keuangan termasuk dalam proses perdagangan dan pemerintahan. Pilihan studi ekonomi menekankan perilaku ekonomi dan bisnis, terutama cara yang efektif dalam mengelola kebutuhan manusia dan modal materi.

Skill yang perlu dikembangkan adalah:

  • Skill analisis: kemampuan mengelola, analisis dan interpretasi data numeric (angka), memastikan akurasi suatu informasi, dan menyusun rekomendasi
  • Kuantitatif/matematika: (essential), yakni kemampuan kuat dalam pengoperasian matematik, data kuantitatif dan melakukan kalkulasi data
  • Organization skill: kemampuan mengelola informasi dalam jumlah besar melalui analisis, manajemen waktu, dan goal-setting
  • Recordkeeping/ handling detail: menuntut konsentrasi (perhatian) tinggi pada detil. Mampu untuk menelisik dan menyerap informasi numeric dengan cepat, juga mampu mengingat dan merespon permasalahan numeric dengan mudah.

IPA

Untuk pilihan fakultas IPA, hampir seluruhnya membutuhkan kemampuan & ketertarikan besar pada numeric (angka). Mungkin Anda bisa memilih engineering di mana ketertarikan matematika dapat diimplementasikan secara langsung.

Engineering merupakan kombinasi dari matematika aplikatif dan sains di mana Anda akan mengembangkan solusi untuk permasalahan teknik. Seorang engineer bertugas untuk merumuskan, mendesain, membangun, mengkonstruksi, menguji dan mengembangkan benda mulai dari mobil, bangunan, pesawat hingga peralatan medis.

Skill yang perlu dikembangkan:

  • Active listening: jangan lupa, seorang engineer adalah problem solver, untuk dapat memberikan solusi, mereka harus mendapatkan informasi detil dan utuh dari satu masalah
  • Complex problem-solving: kemampuan untuk mengidentifikasi masalah kompleks, review kondisi yang ada dan keterbatasannya, kemudian mengembangkan dan mengevaluasi solusi & alternatifnya
  • Critical thinking: kemampuan untuk menggunakan logika dan penjelasannya untuk diaplikasikan dalam situasi kompleks dan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang suatu situasi atau masalah
  • Quantitative analysis: kemampuan mengoperasikan rumusan matematik dan data kuantitatif lainnya

Kami sarankan juga untuk melihat Daftar Profesi yang ada di web konsultankarir.com sebagai informasi lain menentukan pilihan studi penunjang karir di masa depan. Anda akan menemukan juga kecenderungan diri seperti apakah lebih menyukai pekerjaan yang mengelola hal-hal praktis (benda nyata), atau ide. Apakah lebih berminat melakukan aktivitas yang membantu orang lain, atau mengelola data, dsb.

Semoga bermanfaat 🙂

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.