Bagaimana memulai bisnis dirumah

oleh | 4 May 2010 | 0 Komentar

Bagaimanakah cara memulai bisnis dirumah (Komplek perumahan dg type 29/60 dan mayoritas penghuninya karyawan swasta/ PNS). Saya sendiri karyawan swasta dg jam kerja 08.00 sd 17.00, sementara istri mengurus rumah tangga dengan 2 putra 6th dan 9bl. Terima kasih atas penjelasanya.

Wassalam,

Engkos Kosasih

Dear Sdr.Engkos,

Cara paling jamak adalah dengan berbisnis yang menjadi hobi. Anda juga bisa mulai melakukan survey atau riset kecil-kecil dalam jangka 1 bulan, peluang apa yang ada di kompleks rumah. Era digital semakin membuka banyak peluang, jadi jangan mengartikan bekerja dari rumah atau berbisnis di rumah hanya memiliki target konsumen atau klien sekitar rumah. Anda tentu telah akrab dengan internet, manfaatkan seoptimal mungkin sejak dini.

Sedikit tips sederhana untuk memulai bisnis Anda; (a) eksplorasi (brainstorming) ide bisnis dengan sang istri; (b) identifikasi kompetensi teknis dan softskill yang Anda dan istri miliki; (c) identifikasi pengalaman Anda berdua; (d) identifikasi minat Anda berdua; (e) inventaris peluang yang Anda berdua temukan berdasarkan penelusuran di internet, buku atau majalah; (f) buat pula daftar rekan yang dapat diajak bekerjasama termasuk bertukar pikiran

Anda juga bisa bekerjasama dengan pihak lain (teman atau unit bisnis) untuk berbisnis dari rumah. Apakah ada orang lain (pengasuh anak atau orangtua) yang membantu pekerjaan rumah atau menjaga anak? Pertimbangkan semua kondisi ini untuk menghasilkan rumusan kondisi realistis. Namun, jangan jadikan keterbatasan itu sebagai penghambat niat bisnis Anda. Jangan sungkan untuk mempresentasikan (berbagi) ide bisnis Anda (setelah menjadi rumusan dengan istri) kepada sahabat Anda. Siapkan kertas untuk mencatat ide, komentar atau tawaran kerjasama yang mungkin saja muncul. Adakalanya komentar atau masukan tidak hadir kala Anda bercerita, namun baru muncul beberapa hari setelah itu. Setidaknya Anda telah membuka peluang berkembangnya ide, yang berarti juga peluang usaha.

Semoga bermanfaat, dan selamat bereskplorasi. Terima kasih.

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.