Bosan dengan pekerjaan

oleh | 6 April 2010 | 1 Komentar

Saya lulusan administrasi niaga Unpad, setelah lulus saya pernah bekerja di LSM nasional selama setahun. Tapi ketika menikah resign, dan hanya bekerja sebagai guru di sebuah bimbingan belajar. Awalnya saya menyenangi pekerjaan ini, tapi lama kelamaan saya merasa bosan, karena di tempat saya bekerja tidak ada jenjang karir. Saat ini saya ingin mencari pekerjaan lain yang lebih sesuai dengan bidang dan ada jenjang karir yang lebih jelas. Yang ingin saya tanyakan, apakah itu memungkinkan, mengingat usia saya sekarang sudah menginjak umur 30th. Terimakasih

Dina M.

Dear Sdr. Dina,

Peluang untuk memasuki dunia kerja tetap terbuka di usia Anda saat ini. Yang perlu diperhatikan adalah akar masalah kebosanan kerja. Kemungkinan selain tidak adanya jenjang karir, Anda juga mengalami demotivasi karena perbedaan lingkungan dan sifat pekerjaan saat ini. Coba ingat kembali dan bandingkan pola kerja, sifat pekerjaan (mobile; di belakang meja; multitasking; dsb) antara pekerjaan sekarang dan sebelumnya di LSM.

Buatlah daftar kompetensi yang Anda miliki untuk memilih pekerjaan sesuai sehingga lebih optimal. Dengan usia 30, asumsinya Anda telah memiliki pengalaman kerja secara teknis maupun psikologis. Artinya, kadar coba-coba telah memiliki arah berdasarkan pengalaman sebelumnya. Soft-skill apa saja yang telah berkembang (komunikasi efektif, interpersonal, teamwork, dsb). Lengkapi pula dengan kompetensi teknis administrasi yang Anda kuasai. Manfaatkan pula kuis-kuis karir untuk menambah pengetahuan tentang diri Anda.

Kini rangkai semuanya dalam surat aplikasi, CV & resume yang memikat dengan keunggulan Anda di atas. Tetap semangat & selamat menggali kekuatan diri. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

There is 1 comment .

Prawira —

Menurut saya di usia Mbak masih sangat mungkin untuk memulai sebuah karir, bahkan cukup berpengalaman untuk misalnya memulai karir di sebuah organisasi yang lebih besar. Bukannya bermaksud menyamakan dengan diri saya, saya sendiri memulai bekerja di Perusahaan Multinasional juga pada saat menginjak usia 31th, dimana sebelumnya saya habiskan masa 5th sebagai pengajar di sebuah lembaga pendidikan. Selanjutnya untuk tips melamar pekerjaan sesuai dengan informasi dari admin diatas.

Terima kasih,

Prawira

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.