Ketelitian dalam bekerja

oleh | 27 March 2010 | 2 Komentar

Hallo konsultan karir,
Bagaimana caranya agar kita lebih teliti dalam bekerja?

Nuning

Dear Sdr. Nuning,

Pertanyaan Anda sangat menarik. Pada sebagian orang, ketelitian menjadi kecenderungan yang melekat, namun bagi yang lain, merupakan hasil belajar ‘khusus’. Mengapa khusus, karena individu dengan kecenderungan generalis akan canggih memetakan pekerjaan/masalah secara global namun tidak dalam. Sebaliknya kecenderungan yang sangat kuat pada detil kadang membuat si individu melupakan bangunan besar dan keterkaitan di bagian lain.

Anda tentu tidak sendiri, yang mungkin pernah dikritik kurang atau tidak teliti :). Kemungkinan, Anda termasuk individu yang membutuhkan energi dua kali lipat untuk isu ini. Kenakan pembelajaran mandiri atau pengkondisian untuk melatih ketelitian. Untuk awal pasti membuat tidak nyaman, namun akan menumbuhkan kepekaan terhadap detil.

Kondisikan pula situasinya. Misalkan jika biasanya Anda tidak kesulitan untuk menulis laporan sambil berdiskusi, atau melakukan pekerjaan lain yang bersifat multitasking. Untuk beberapa jenis pekerjaan yang menuntut perhatian detil, Anda mungkin membutuhkan kondisi yang berbeda. Kenakan bertahap dan benar-benar amati perkembangannya sampai menemukan pola yang pas untuk meningkatkan ketelitian Anda.

Manfaatkan pula rekan kerja terutama yang dekat sebagai ‘pengawas’ dan motivator. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

There are 2 comments .

Kundewi —

Ada tidak cara melatihnya??

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.