Ini Pekerjaan yang Cocok Untuk Millennial

oleh | 11 September 2020 | 0 Komentar

Generasi millennial memiliki karakter yang berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mereka memiliki sikap yang menyukai kebebasan dan unik. Generasi ini juga cenderung keras kepala dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan kepribadian tersebut, ada beberapa karir yang cocok untuk generasi yang lahir di 1970an akhir sampai menjelang 1990an akhir tersebut yaitu sebagai berikut:

Pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi digital/informasi

Generasi millennial sudah mengenal teknologi komputer sejak usia dini sehingga cocok bekerja di bidang digital, diantaranya adalah programmer, web developer, content creator dll. Untuk bekerja di bidang ini, Anda harus memiliki keahlian teknis seperti memahami arus komunikasi lintas situs, analisis kode dalam komputer, dan teknologi informasi. Selain itu, generasi ini juga tertarik dengan  menampilkan keunikan diri, maka bidang desain grafis juga cocok untuk ditekuni.

Wiraswasta

Banyak generasi millennial merasa kurang berminat untuk bekerja di perusahaan dengan berbagai alasan entah karena tidak ingin direpotkan dengan pembuatan CV, terikat jam kerja, dan berbagai alasan lainnya. Sikap ingin selalu berbeda dan keras kepala membuat mereka memutuskan untuk membangun pekerjaan sendiri sehingga cocok menjadi wiraswasta atau entrepreneur sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Untuk menekuni pekerjaan ini Anda harus mampu menganalisis pasar, memahami tren yang sedang populer, dan menciptakan inovasi yang berbeda. Kesalahan yang sering terjadi adalah sikap terburu-buru ingin cepat sukses sehingga bisnis tidak bertahan lama.

Translator

Kemampuan menguasai bahasa asing dapat membuat millennial bekerja sebagai seorang translator atau penerjemah. Alasan utama pekerjaan ini cocok untuk millennial adalah memiliki jam kerja yang fleksibel dan bisa dilakukan di luar ikatan peraturan yang ketat. Selain itu, pekerjaan ini juga menawarkan penghasilan yang cukup menjanjikan, khususnya jika bergabung dengan perusahaan asing.

Videografer atau Fotografer

Biasanya generasi millennial tidak suka dengan pekerjaan yang terikat dengan sistem kerja yang kaku dan jam kerja formal yang memberikan kesan mengekang. Videografer dan fotografer merupakan jenis pekerjaan yang cukup fleksibel sehingga cocok untuk millennial. Keahlian mengedit video atau gambar yang tadinya hobi dapat menghasilkan uang yang cukup banyak.

Konsultan Kreatif

Millennial yang memiliki ide cemerlang di berbagai bidang dapat bekerja sebagai konsultan kreatif seperti arsitek, content creative, desain grafis, dan berbagai macam pekerjaan yang memerlukan kreativitas. Pekerjaan ini dapat menjadi salah satu media untuk menyalurkan ide kreatif sehingga millennial dapat terus berkarya dan mengasah kemampuannya secara maksimal. Selain itu, pekerjaan ini juga cocok untuk millennial yang memiliki bakat di bidang visual dan menginginkan relasi kerja yang fleksibel.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.