Peluang Fakultas Kesehatan untuk Kerja di Bank

oleh | 25 March 2010 | 0 Komentar

Sebelumnya perkenalkan nama saya ardi, seorang sarjana farmasi. Saya sangat berminat untuk menjadi pegawai bank, tapi sebagaimana kita ketahui bersama bahwa peluang dari fakultas kesehatan sangat kecil bahkan boleh dibilang tertutup. Saya berkali-kali melamar tapi baru tahap administrasi saja sudah tidak lolos. Pada tahun ini saya berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister, dan mengambil jurusan yang lebih umum yaitu magister manajemen. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana peluang saya untuk dapat lolos test menjadi pegawai bank walaupun dengan pendidikan dasar saya sebagai seorang sarjana farmasi? Mohon penjelasannya untuk mengobati kegalauan hati saya. Terima kasih sebelumnya..

Ardianto N.

Dear Sdr. Ardianto,

Beberapa perusahaan termasuk perbankan memiliki pertimbangan dalam merekrut pegawai dengan level S1. Secara umum, mereka merujuk kompetensi (pengetahuan, ketrampilan, kepribadian) dasar seorang sarjana seperti pola pikir sistematis dan logikanya. Sementara, untuk kekhususan seperti jurusan menjadi pertimbangan sesuai kebutuhan. Ada kemungkinan, tidak lolosnya Anda di tingkat administrasi karena kebutuhan khusus tersebut. Anda perlu mencermati juga, lingkup bisnis khas bank satu dan lainnya. Selanjutnya bisa Anda estimasi peluang keunggulan kompetensi Anda di bidang farmasi. Misalnya, untuk S1 pertanian, biasanya akan menjadi nilai tambah untuk bank yang memiliki target masyarakat di bidang pertanian, baik yang telah digarap atau sedang dikembangkan. Beda lagi dengan bank yang menitikberatkan masyarakat kota.

Anda bisa memulai membuat riset kecil tentang perbankan. Dapatkan informasi tentang produk, sasaran, visi-misi dsb beberapa bank yang Anda minati. Cermati pula kesesuaian antara kompetensi Anda dengan kebutuhan bank tersebut. Jangan lupa, review kembali CV & resume yang Anda buat, sudahkah menampilkan kompetensi unggulan Anda?

Langkah Anda untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi tentu berpotensi meningkatkan keilmuan juga peluang di dunia kerja. selamat, semoga Anda tetap semangat meraih karir yang dicita-citakan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.