Pekerjaan yang begitu monoton dalam waktu 10 jam

oleh | 7 June 2012 | 1 Komentar

Mau konsultasi dan minta saran.. bagaimana ya caranya agar menikmati pekerjaan yang monoton dalam waktu yang begitu ketat.. saya sendiri belum bisa menikmatinya padahal saya udah mencari segala solusinya, tapi tetap saja merasa bosan dalam pekerjaan tersebut.. makasih moga pertanyaan saya ini jelas.. dan bisa memberikan jawaban yang baik..

Ahmad Sucipto

Dear Sdr.Ahmad,

Apakah yang dimaksud monoton ini adalah melakukan aktivitas secara berulang dalam durasi 10 jam? Atau dalam 10 jam terdiri dari beberapa aktivitas padat? Pekerjaan di manufaktur merupakan salah satu contoh tugas yang monoton dan rutin, namun rasa bosan bermakna subjektif. Instruktur perusahaan yang memiliki jadwal mengajar 3x dalam sehari pun dapat merasa bosan, atau atlet yang berlatih 10 jam/hari juga dapat merasakannya, atau mengikuti seminar pun dapat menimbulkan rasa bosan, kecuali ada motivasi internal dalam melakukan aktivitas tersebut. Motivasi di sini bersifat personal, terlepas dari memenuhi tanggung jawab. Selain itu, keterlibatan aktif baik secara fisik maupun psikologis, akan sangat membantu kita untuk ‘larut’ dan tidak menyadari waktu berlalu meski 10-12 jam.

Apa yang telah Anda coba lakukan untuk mengatasi rasa bosan ini? Apakah Anda memiliki motivasi personal dalam pekerjaan ini? Jika pikiran kita ke hal lain dan tidak terlibat aktif, sangat mungkin rasa bosan ini muncul karena secara tidak sadar kita terus bertanya ‘kapan selesainya’. Kemungkinan ini dapat terjadi jika kita memang tidak menyenangi atau kurang sesuai, misal: orang yang memiliki kebutuhan interaksi sosial tinggi akan tersiksa oleh rasa bosan jika bekerja di belakang meja. Akan tetapi, ada beberapa situasi yang kadang ‘memaksa’ kita melakukan pekerjaan tersebut, untuk itu, pilihannya ada di diri kita sendiri. Hanya kita yang dapat mengendalikan untuk melibatkan diri sepenuhnya sehingga menemukan keunikan/kelucuan sekaligus belajar ‘menaklukkan’ tantangan ini yakni rasa bosan.

Mohon maaf jika pembahasannya masih bersifat general, semoga dapat sedikit membantu. Terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

There is 1 comment .

Ahmad sucipto —

Terima kasih jawabannya dapat sedikit membantu..

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.