“My Career is Multi-Career”

oleh | 4 May 2016 | 0 Komentar

Cover buku- my career is Multi-Karir

Judul buku: My Career is Multi-Career

Pengarang: Lestari Nurhajati dan Ardiningtiyas Pitaloka

Penerbit: Metagraf, Creative Imprint of Tiga Serangkai

Tahun terbit: 2015

Ukuran dimensi buku : 21 × 14 cm

Tebal buku: 234 halaman

Peresensi: Nafilatul Falah

Buku berjudul ”My Career is Multi-Career” ini memperkenalkan pembaca dengan istilah yang mungkin masih jarang terdengar, yaitu multikarier. Buku ini secara garis besar bertujuan untuk memperkenalkan pembaca dengan makna multikarier, di mana seseorang dianggap sah-sah saja apabila memilih karier lebih dari satu dalam perjalanan kehidupannya. Buku ini juga ingin menepis pandangan bahwa seseorang yang multikarier cenderung dianggap negatif karena dianggap belum mampu menemukan identitas karier. Padahal, setiap individu memiliki keunikan masing-masing, ada yang meraih sukses dengan menjadi spesialis, ada pula yang meraih sukses dengan menjadi multikarier.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami karena menggunakan kata-kata yang sederhana. Selain itu, buku ini juga ditulis dengan bahasa yang komunikatif karena penulis seolah-olah sedang berinteraksi secara langsung dengan pembaca. Hal ini dapat dilihat dari adanya pertanyaan-pertanyaan yang melibatkan pembaca, misalnya “Bagaimana dengan minat Anda?”

Buku ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu dapat mengemukakan hal-hal terkait multikarier dengan cukup jelas, mulai dari definisi, kriteria seseorang yang dapat dianggap sebagai multikarier, contoh orang-orang yang telah menjalani multikarier, keuntungan menjadi seorang multikarier, tantangan yang harus dihadapi oleh seorang multikarier, dan lain-lain. Buku ini juga dilengkapi dengan kuis terkait karier di setiap bab dan juga dilengkapi dengan kalimat kutipan (yang memiliki kaitan dengan judul sub bagian) dari tokoh-tokoh terkenal sehingga dapat membuat buku ini lebih menarik. Misalnya, pada sub bagian it’s not about the money, terdapat kutipan “Money won’t create success, the freedom to make it will.” (Nelson Mandela)

Di samping kelebihan yang ada, buku ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mengemukakan dengan jelas mengenai gambaran umum yang akan dibahas di setiap kelompok besar pembahasan sehingga dapat membingungkan pembaca mengenai topik spesifik apa yang ingin disampaikan penulis di setiap kelompok besar pembahasan tersebut.

Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa buku ini layak untuk dibaca karena memperkenalkan pembaca dengan istilah yang masih jarang terdengar, yaitu multikarier, sekaligus memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai multikarier. Dengan buku ini, pembaca dapat dengan mudah memahami makna dari multikarier. Pembaca juga dapat memahami apakah dirinya merupakan seseorang yang memiliki kecenderungan multikarier atau bukan. Terakhir, pembaca juga dapat menerapkan saran-saran bermanfaat yang dituliskan di dalam buku ini untuk menjadi seorang multikarier.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.