Minat dan background tidak sesuai

oleh | 5 June 2012 | 0 Komentar

Saya menemukan minat saya untuk mencari pekerjaan adalah yang berhubungan dengan social, menyukai travelling, bosan pada rutinitas dan menyukai hal-hal detail, seperti event organizer atau public relation. Setelah mengetahui hal tersebut justru saya mengalami kesulitan karena background pendidikan saya adalah IT. Bagaimana cara saya meyakinkan perusahaan yang saya tuju bahwa saya berkompeten untuk mendapatkan posisi yang saya inginkan tersebut, dan hal-hal apa saja yang dapat saya tunjukkan kepada perusahaan sebagai penunjang selain ijazah lulusan jurusan yang terkait dengan bidang pekerjaan yang dituju, karena saya tidak memilikinya.

Terima kasih

Rina

Dear Sdr.Rina,

Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda menemukan minat tersebut? Apakah setelah terlibat dalam satu event, atau mendapatkan gambaran kerja event organizer dan public relation dari orang lain? Anda juga perlu menggambarkan pada diri sendiri lebih detil apa yang dimaksud dengan ‘bosan pada rutinitas dan hal detil’, gambarikan dengan contoh aktivitasnya. Hal ini karena setiap profesi/pekerjaan memiliki tuntutan detil yang beragam, begitu puladengan public relations/event organizer.

Anda memang hanya dapat membuktikan diri kompeten jika telah memiliki bukti perilaku/pengalaman nyata, bukan pada tataran ide atau konsep. Bukti di sini tidak terbatas pada legalitas lembaga seperti ijazah. Oleh karena itu, meskipun Anda tidak memiliki sertifikat/ijazah public relations namun jika berpengalaman melakukan aktivitas public relations, maka Anda memiliki peluang untuk mendalami profesi tersebut. Pengalaman kepanitiaan/organisasi di kampus/luar kampus juga dapat menjadi salah satu jalan untuk meyakinkan perusahaan. Untuk itu, gambarkan dengan runtut aktivitas yang pernah dilakukan, seperti peran dan tanggung jawab saat itu. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.