Mengenali dan menggali potensi diri

oleh | 26 November 2021 | 0 Komentar

Potensi diri adalah kemampuan atau kekuatan diri sendiri yang belum terwujud atau yang telah terlihat, namun belum sepenuhnya terwujud atau dipergunakan secara maksimal oleh seseorang.

Di zaman yang semakin cepat berubah ini, semakin banyak pilihan terbuka untuk mewujudkan potensi diri menjadi sebuah karir yang gemilang.  Namun, justru semakin banyak orang yang bingung dengan karir yang ingin digeluti.

Mulai dari yang masih sekolah atau kuliah, hingga yang sudah bekerja sekalipun. Kebingungan yang paling menonjol adalah bingung menentukan pilihan, baik pilihan jurusan ataupun karir yang ingin digeluti.

Di dunia kerja juga banyak orang yang merasa salah dalam memilih bidang pekerjaan. Akibatnya munculnya stres dan perasaan tidak nyaman saat menjalani rutinitas kerja sehari-hari. Banyak juga yang memilih pekerjaan yang tidak sejalur dengan jurusan saat kuliah dan tidak sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Dengan mengetahui potensi diri, termasuk bakat dan minat yang  dimiliki, seseorang dapat menentukan arah karir secara akurat dan terorganisir. Misalnya, apa yang akan dipilih saat memasuki jenjang perkuliahan, pekerjaan yang cocok diambil saat lulus kuliah, dan seterusnya.

Mengenali potensi diri bukanlah hal yang mudah. Terkadang tak semua orang dapat mengenali potensi diri sendiri meski telah berusia dewasa sekalipun. Tak jarang, dibutuhkan  orang lain untuk melihat potensi diri mereka. Hal ini bisa terjadi karena faktor-faktor seperti kurangnya kepercayaan diri dan keraguan-keraguan terhadap diri sendiri.

Mulailah dari mengenali diri sendiri. Apa yang disuka, apa yang tidak disuka.  Apa yang mudah dan apa yang tidak mudah dilakukan.  Semakin kita mengenali diri sendiri, akan semakin mudah untuk kita mengidentifikasi karir yang sesuai.  Pada akhirnya dapat membuat kita fokus pada kekuatan diri.

Daripada memaksakan diri melakukan apa yang bukan potensi kita, lebih baik fokus mengembangkan apa yang sudah ada dalam diri kita.  Sehingga tidak perlu lagi bingung dan membuang-buang waktu dengan hal-hal yang menyulitkan diri sendiri.

Setiap orang tentu memiliki potensi diri.  Potensi diri yang diwujudkan dengan maksimal inilah yang akan membawa kesuksesan. Dengan potensi yang sudah ada tersebut, maka energi dan waktu untuk mengembangkan diri menjadi seorang ahli tentunya akan lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak memiliki potensi tersebut. 

Tentu, Namanya potensi perlu ada upaya dan usaha untuk mengolahnya.  Tanpa ada kemauan dan upaya, tak akan ada pencapaian, sebaik apapun potensi tersebut.

Ketika seseorang tidak mampu menemukan potensi dirinya, maka kemungkinan besar orang tersebut hanya akan mencapai hal-hal yang biasa saja atau pencapaian standar.  Potensi yang berhasil diwujudkan dan dikembangkan akan menjadi sebuah pencapaian besar dalam hidup sesorang.

Sebuah masterpiece dalam hidup orang tersebut.  Kita akan mencapai titik terbaik di dalam kehidupan kita, bila berhasil mewujudkan potensi diri dengan maksimal. Ada pengakuan publik atas karya besar itu.

Bagaimanapun potensi diri tidak dapat dibangun secara instan. Begitu pula ketika kita berhasil menemukan passion dan mengembangkan potensi diri, hal ini tidak lantas menjamin kesuksesan kita.

Ada faktor keberuntungan yang mempengaruhi kesuksesan kita, melibatkan banyak proses didalamnya.

Pastinya mewujudkan potensi diri menjadi karya besar membutuhkan upaya besar pula bukan?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.