Mengelola Senyum, Meraup Untung

oleh | 27 March 2014 | 0 Komentar

Caver Buku-Total Customer

Judul: Total Customer ‘Percepatan Laba Sepanjang Masa’

Penulis: Heri “SMILE” Suchaeri

Penerbit: Metagraf, Tiga Serangkai, Solo

Tahun Terbit: 2012

Halaman: xvi + 88

Harga: Rp. 30.000

Peresensi: Maya

 

“Orang yang tidak tersenyum sebaiknya tidak berbisnis.”

-Pepatah China-

Awalnya saya kira buku ini sama seperti buku-buku sejenisnya mengenai pelanggan yang telah banyak terbit dan beredar, namun buku ini ternyata berbeda dengan memberi fokus pada efek senyum untuk melayani pelanggan dengan baik dan puas dengan produk kita.  Buku ini mengajari saya bagaimana cara merayu customer agar menjadi total.

Heri ‘SMILE’ Suchaeri adalah praktisi dibidang pelayanan pelanggan. Ia juga Founder Smile Consulting. Dengan gaya khasnya, Ia menyuguhkan berbagai ilustrasi menarik sebagai contoh, sehingga mempermanis dan mempercantik tampilan buku, yang membuat mata saya tidak jenuh saat membacanya: ). Pepatah di atas sangatlah penting bagi setiap bisnis. Namun, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Yah, mungkin dikarenakan hal ini kelihatannya sepele atau sebuah ungkapan yang terlalu biasa. Padahal, maknanya sangat mendalam.

Pada bagian pertama, penulis menegaskan bahwa buruknya pelayanan pelanggan seperti pepatah “buruk rupa cermin dibelah” (hal.9). Memberikan pelayanan yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk kelangsungan dan keberhasilan sebuah usaha. Namun, mengapa pelayanan yang baik dan berkualitas itu sangat jarang kita peroleh? Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena menurut Heri, Anda belum melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Buatlah pelanggan Anda menjadi  TOTAL (Tersenyum, Optimis, Terkesan, Antusias, dan Loyal), sehingga pelanggan akan melakukan hal yang sama kepada Anda dan perusahaan Anda.

Hal dasar inilah yang memberi pengaruh besar terhadap penciptaan pelanggan, sebagaimana diungkapkan  oleh  James G. Barnes, Ph.D, seorang profesor marketing, ada lima hal yang dapat mendorong kepuasan pelanggan, yaitu: 1) Produk atau jasa inti, 2) Layanan pendukung, 3) Performa teknis, 4) Elemen interaksi dengan pelanggan, 5) Elemen emosional.   Tiga dari lima elemen ini sangat erat kaitannya dengan senyum.

Selanjutnya, bagaimana cara memikat hati pelanggan? Anda akan mendapatkan langkah-langkah praktis untuk memikat hati pelanggan agar pelanggan menggunakan produk dan layanan Anda.  Karena bagaimanapun,  pelanggan adalah raja. Walau ungkapan ini kuno, hingga kini masih relevan. Ungkapan itu sungguh layak untuk di maknai lebih luas dan kompleks. Tapi apakah kita mengetahui bagaimana menggaet pelanggan?  Inilah yang sangat penting dalam suatu usaha atau bisnis (hal.40) agar tetap bisa berkembang, sebaliknya pelanggan yang tidak puas bisa ‘memecat’ Anda. Maka, jadikan pelanggan sebagai raja yang harus disambut, dilayani, dan dipenuhi kebutuhannya.

Seperti yang tersirat dalam judul buku diatas, penulis memaparkan cukup detail bagaimana cara agar bisa membuat pelanggan Tersenyum (hal.15). Dengan penampilan yang menarik, Anda dapat membuat pelanggan optimis terhadap produk dan layanan Anda (hal.23). Salah satu syarat untuk memikat hati pelanggan adalah membuat mereka terkesan atas pelayanan yang diberikan (hal.29). Buat pelanggan antusias dengan produk dan layanan Anda. (hal.39). Loyalitas pelanggan sejati tidak mungkin tercipta tanpa adanya hubungan emosional (hal.45).  Ungkapan ‘Derita Pelanggan’ (hal.61-72) dipaparkan penulis dengan gamblang bagaimana perasaan pelanggan saat mendapatkan pelayanan tidak memuaskan.

Penulis juga menekankan bahwa keramahan merupakan kunci nomor wahid yang tidak bisa ditawar lagi. Bersikap ramah tidak hanya pada saat kontak langsung, tetapi juga saat berkomunikasi melalui media telepon atau media komunikasi lainnya (hal.17)

Sebagai penutup, penulis mengingatkan pembaca bagaimana memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik sehingga merasa puas dan tidak kecewa dengan pelayanan dan produk yang dibeli. Dapat disimpulkan dan dirumuskan juga bahwa penciptaan pelanggan dan memperoleh keuntungan sepanjang masa dapat dilakukan apabila kita TOTAL dalam melayani pelanggan. Jadi, buatlah pelanggan TOTAL, maka hasil yang maksimal akan kita dapatkan.

Buku ini menarik, bagi para pebisnis, marketing, dosen, guru, trainer, self employee, dokter, tidak hanya untuk para profesional di bidang pelayanan, tetapi juga bagi Anda yang hanya sekedar ingin tahu dan ingin mengembangkan diri dalam membina hubungan.

Akan lebih menarik apabila penulis buku ini menambahkan beberapa kisah singkat lagi dalam menerima pelayanan yang buruk atau tidak diinginkan oleh pelanggan. Penambahan ini akan semakin memotivasi pembaca dan pebisnis agar dapat pelayani pelanggannya dengan baik. Warna cover yang cerah dan indah yang memikat saya untuk membaca dan memiliki buku ini. Gaya penulisannya juga ringan, dan buku ini hanya terdiri dari 88 halaman termasuk penutup. Rasanya sayang jika Anda tidak membaca buku ini 🙂

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.