Memilih Psikotes

oleh | 20 January 2009 | 0 Komentar

Tidak ada satu pun psikotest yang dapat mengukur segalanya. Ada alat tes yang digunakan untuk mengukur kepribadian, ada yang mengukur minat, ada yang mengukur motivasi, dan ada juga yang mengukur kemampuan.

Faktor-faktor di atas yang biasanya ingin diketahui oleh calon pemberi pekerjaan kepada Anda. Karena mereka belum mengenal Anda, maka alat-alat berikut ini digunakan sebagai salah satu cara memprediksikan perilaku Anda:

1. Tes kepribadian, termasuk di dalamnya adalah pengukur tipe kepribadian atau temperamen, seperti Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), Enneagram, the Sixteen Personality Factor Questionnaire (16PF), dan Keirsey Temperament Sorter. Tes ini memberikan informasi bagaimana cara Anda berkomunikasi, memberikan informasi, dan membuat keputusan, serta bagaimana gaya Anda dibandingkan orang lain.

2. Inventori minat memberikan saran karir yang cocok dengan minat pribadi Anda. Termasuk dalam tes ini misalnya Strong Interest Inventory, Self-Directed Search, Campbell Interest dan Skill Survey, serta masih banyak lagi tes yang lain.

3. Tes Keterampilan (skill), mengukur keterampilan dan kemampuan Anda. Biasanya digabung dalam inventori minat. Ada juga yang berdiri sendiri untuk area-area pekerjaan yang spesifik.

4. Inventori nilai (value), mengukur apa saja yang memotivasi Anda dan yang penting bagi Anda. Beberapa tes yang termasuk dalam tes ini misalnya: Study of Values, Super Work Values Inventory, Career Values Card Sort, dan tes MAPP.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.