Memanfaatkan Internet dan Media Cetak Sebagai Bantuan dalam Memilih Karir

oleh | 20 August 2008 | 0 Komentar

Internet menyediakan informasi yang sangat kaya dan dapat diakses secara gratis yang dapat membantu Anda dalam proses riset karir. Cara termudah untuk mencari informasi mengenai karir tertentu adalah dengan mengetikkan nama pekerjaan tersebut dalam mesin pencari (search engine) dan melihat informasi apa yang bisa Anda dapatkan.
Misalnya: ketiklah ‘Akuntan’ dalam mesin pencari, hasil yang mungkin akan Anda temui adalah:
1. Situs web rekrutmen online yang menawarkan daftar (listing) pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi
2. Situs web konsultan rekrutmen
3. Perusahaan akuntan
4. Perusahaan apa saja yang sedang menawarkan lowongan akuntan.

Situs-situs web ini dapat memberikan gambaran tentang tugas-tugas akuntan, standar gaji, kualifikasi, dan kemampuan personal yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat langsung melihat apa saja lowongan yang berhubungan dengan akuntansi yang paling banyak dicari saat ini.

Selain internet, jangan lupa untuk banyak membaca surat kabar dan majalah, khususnya yang berhubungan dengan bisnis. Media cetak ini akan memberikan gambaran trend dan perkembangan terbaru dalam industri dan profesi yang Anda minati. Penting juga bagi Anda untuk menjadi familiar terhadap istilah dan jargon yang populer dalam industri tersebut. Surat kabar dan majalah juga menawarkan banyak iklan lowongan pekerjaan di mana Anda bisa mempelajari kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.