Memaksimalkan Kartu Nama

oleh | 17 December 2008 | 0 Komentar

Apalah arti sebuah kartu nama? Tentu saja sangat penting, terutama bagi Anda yang sedang mengembangkan karir Anda. Bagaimanapun juga kartu nama menjadi representasi dari seseorang, terutama dalam dunia kerja. Kartu nama Anda lah yang benar-benar diharapkan mampu secara cepat mewakilkan kehadiran Anda dan sekaligus mencitrakan posisi Anda di dunia kerja.

Untuk itu pula ada beberapa tips yang diperlukan agar Anda benar-benar bisa memaksimalkan fungsi kartu nama yang Anda miliki. Langkah-langkah sederhana ini bisa membawa tahapan yang lebih besar dan bermanfaat:

  • Selalu siapkan beberapa lembar kartu nama Anda di tiap-tiap tas tangan ataupun tas kerja, dan dompet yang Anda gunakan. Minimal 5-7 lembar kartu nama. Dua minggu sekali check apakah Anda perlu menambahkan sisipan kartu nama Anda di masing-masing tempat itu.
  • Miliki tempat kotak ataupun dompet khusus tempat kartu nama yang banyak ditawarkan di pasaran dengan desain beragam.
  • Apabila ada pertemuan bisnis, baik yang bersifat formal dan informal, maka mempersiapkan kartu nama Anda menjadi bagian yang sangat penting.
  • Waktu yang tepat untuk memberikan kartu nama pada relasi bisnis adalah saat awal pertemuan, tidak pada saat di tengah-tengah meeting, ataupun saat sedang menikmati hidangan makanan.
  • Saat menyodorkan kartu nama, lakukan dengan cara memegang kedua ujung bawah kartu nama, dangan kedua tangan Anda, dalam posisi kartu nama tersebut bisa langsung terbaca oleh pihak penerima. Sementara itu ketika kartu nama dari pihak lain Anda terima, jangan langsung menyimpannya, melainkan pastikan Anda membaca namanya, jabatannya, dan juga tunjukkan Anda menghargai kartu tersebut sama seperti mereka menghargai kartu nama yang Anda berikan padanya.
  • Jika pertemuan dilakukan di meja meeting formal, maka meletakkan kartu nama pemberian pihak lain tepat di depan bagian meja Anda merupakan cara yang tepat agar Anda bisa langsung sewaktu-waktu menyebut nama dan posisi lawan bisnis Anda tersebut secara tepat.
  • Di luar meeting bisnis, misalnya saja dalam suatu kesempatan bertemu dengan bekas teman kerja, teman kuliah, dan berbagai kenalan lama, Anda juga bisa saling bertukar kartu nama. Sebuah cara memperluas relasi bisnis dengan cara sederhana dan tidak membutuhkan biaya besar.

Beberapa tips sederhana ini perlu dicoba, dan bila sudah Anda lakukan, jangan lupa berbagi kisah dengan kami, tentang kesuksesan memanfaatkan kartu nama Anda tersebut.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.