Kegiatan setelah pensiun

oleh | 12 March 2013 | 0 Komentar

Papa saya April ini pensiun PNS-nya,beliau belum punya rencana apapun untuk masa pensiunnya.Saya tidak ingin papa saya yang biasanya aktif, jadi pasif di rumah saja, karena setahu saya kalo tidak bekerja beliau sering uring-uringan. Papa saya hobi internet dan sempat buat usaha tapi gagal, sebaiknya apa yang harus dilakukan papa saya setelah pensiun agar beliau tdk bosan di rumah?

Kiki

Dear Sdr.Kiki,
Senang sekali melihat perhatian Anda untuk orangtua. Apa yang Anda kemukakan memang benar, masa transisi merupakan proses yang membutuhkan banyak energi psikis, karenanya memerlukan banyak dukungan. Beberapa hal yang biasanya ‘hilang’ dari masa pensiun adalah: aktivitas fisik/rutinitas dan interaksi sosial intensif rekan kerja. Sebaiknya Anda pelajari karakteristik aktivitas beliau di kantor, sehingga dapat memberikan beberapa usulan solusi yang tidak terlalu jauh.

Manfaatkan pula modal sosial yakni jejaring kerja maupun pertemanan yang telah beliau miliki untuk beraktivitas setelah pensiun. Gabungkan hal ini dengan minat personal untuk mengembangkan usaha. Jangan memaksakan bentuk usaha yang sama sekali baru. Begitu juga untuk pendekatan usaha, berangkatlah dari karakter personal beliau dalam berinteraksi sosial. Apakah beliau telah familiar dengan bisnis online? Jika memang berminat, tidak ada salahnya Anda terlibat di awal, dan mungkin target market seusia beliau yang tepat, karena beliau lebih nyaman. Atau justru sebaliknya, target market yang lebih muda. Dalam hal ini, tentu Anda yang lebih memahami.

Demikian saran kecil dari kami, semoga dapat membantu. Terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.