Kebiasaan-kebiasan baik yang perlu dibangun agar karir sukses

oleh | 23 July 2021 | 0 Komentar

Kesuksesan tentu merupakan impian bagi semua orang. Namun, kesuksesan tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan, kamu harus melalui banyak proses dan rintangan untuk bisa mencapai impian yang besar tersebut.

Setiap proses yang dihadapi oleh masing-masing individu akan berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Agar seseorang bisa sukses, kamu harus melewati beragam proses yang tidak sebentar, kadang justru butuh waktu yang panjang. Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan mudah dan instan.

Kedisiplinan dan kebiasaan memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Mulai dari kebiasaan terkecil yang seringkali diabaikan orang, namun kebiasaan tersebut justru berperan membentuk karakter kita, misal membereskan tempat tidur saat bangun pagi. Setiap usaha kita, sekecil apapun itu akan memberikan dampak pada tingkat kesuksesanmu.

Salah satu kebiasaan yang perlu dibangun adalah menuliskan apa yang ingin kamu capai setiap harinya dengan konsisten. Hal ini merupakan kebiasaan yang bisa mengantarkan kamu pada kesuksesan. Kebiasaan ini mendekatkan kamu pada kecakapan diri untuk selalu mempersiapkan sesuatunya dengan baik. Ingat, sukses tidak dibangun dalam satu malam.

Mau terus belajar juga menjadi salah satu faktor yang bisa mengantarkan kamu dalam meraih kesuksesan. Ciri-ciri orang sukses yang paling terlihat adalah keinginannya untuk selalu belajar, termasuk keinginan membaca beragam buku untuk menambah wawasan.

Belajar tidak hanya sekolah formal saja, tetapi semua hal yang mencakup proses pembelajaran adalah termasuk belajar. Proses pembelajaran bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dari siapa saja.

Hal baru selalu tersedia di segala tempat, itulah yang mendorong orang sukses untuk terus belajar, sepeti quotes dari Dennis Waitley ini.

Continuous learning is the minimum requirement for success in any field.” – Dennis Waitley

Memiliki pekerjaan bukan berarti kamu terus berhenti belajar. Sebab, kesuksesan di bidang pekerjaan apa pun itu berada pada keinginan dan kegigihan untuk terus belajar dan mengasah kemampuan diri. 

Itu sebabnya, jika kamu ingin sukses, pantau terus segala tren dan kebutuhan yang ada dalam industri di mana kamu bekerja, lalu bekali diri dengan pengetahuan dan skill yang sesuai. Dengan melakukan hal ini kamu bisa meningkatkan kualitas diri dan membuka peluang bagi kesuksesan karir yang lebih cemerlang.

Semakin sering kamu belajar, semakin kamu pintar dan wawasanmu menjadi luas. Dengan memiliki wawasan yang luas, kamu bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal. Jadi saat kesempatan itu datang, kamu bisa segera mengambilnya karena kamu memiliki wawasan tentang hal itu.

Dan satu lagi, memperluas jaringan pergaulan atau pertemanan. Kebiasaan yang satu ini seringkali dianggap tidak penting dan hanya membuang waktu saja. Namun, sebenarnya dengan menambah atau memperluas jaringan pertemanan, kesempatan meraih sukses semakin besar.

Kebanyakan orang cenderung melakukan bisnis dengan orang yang dipercayanya.  Jadi berteman bukan hanya memiliki pergaulan yang luas, tetapi juga belajar membangun kepercayaan.

Dengan membangun relasi yang baik, maka tingkat kepercayaan orang terhadap kamu semakin tinggi. Peluang kamu sukses semakin terbuka lebar. Hal inilah yang dilakukan oleh para orang sukses. Mereka mau meluangkan waktu untuk menambah dan menjaga relasi baik dengan orang lain karena mereka paham betapa besarnya pengaruh teman dalam kesuksesan.

Sukses atau tidaknya dirimu tidak ditentukan oleh apa yang dilakukan orang lain atau keadaan sekitar, tetapi semua itu ditentukan oleh dirimu sendiri. Jika kamu siap melakukan yang terbaik dan selalu berfokus pada tujuanmu, percayalah kesuksesan menantimu.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.