Karier yang cocok

oleh | 17 February 2012 | 2 Komentar

Saat ini saya adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus membantu administrasi pekerjaan suami. Umur saya 37 th. dengan 2 anak umur 8th dan 9th. Saya ingin mempunyai usaha sendiri yang sesuai minat saya. Saya senang menata ruangan ataupun benda-benda, prakarya. Saya merasa telah mensia-siakan hidup saya selama ini tanpa ada suatu karier yg jelas sesuai kata hati saya. Bagaimana saya menentukan karier saya dan bagaimana cara mengetahui karier apa yang cocok buat saya? Saya sangat mengharapkan balasan atas pertanyaan saya tersebut. Terima kasih.

Pauline

Dear Sdr.Pauline,

Anda masih muda, dan yang terpenting: memiliki semangat & minat 🙂 . Untuk menentukan arah minat karier, Anda dapat mengikuti assessment karier melalui website kami atau di kantor kami (sesuai kesepakatan waktu via telp). Ada kemungkinan Anda memiliki kecenderungan artistik & konvensional. Individu tipe ini senang dengan aktivitas fisik daripada mental (seperti pemikiran mendalam & merancang konsep). Selain itu, juga senang memulai sesuatu dan menikmati prosesnya. Tentu analisis ini terlalu dini, kami memerlukan data lebih valid melalui assessment atau wawancara/sesi konsultasi. Anda pun dapat mencari informasi tentang kecenderungan diri dan minat karir dengan melakukan assessment online yang tersedia di berbagai situs internet. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

There are 2 comments .

ani —

Saya sudah babarapa tahun mencari pekerjaan, melamar pekerjaan baik lembaga pemerintah maupun swasta, tapi saya kesulitan untuk mendapatkannya, saya bingung apa yang salah, saya ingin sekali bertanya pada lembaga yang sudah melakukan seleksi mengenai arahan karir saya setelah tes, apakah itu boleh?? Saya jadi stress rasanya, jika ada lowongan kerja malas dan tidak bersemangat lagi.. Mohon solusinya konsultasi karier

Reply »
Tyas —

Dear Sdr. Ani,

Secara etika, Anda memang tidak dapat menanyakan langsung pada lembaga yang melakukan tes, namun jika lembaga tersebut juga membuka layanan konsultasi, mungkin Anda dapat berkonsultasi di luar agenda tes. Terkait dengan hal ini, mungkin ada beberapa persyaratan yang diberlakukan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang kandidat diterima atau ditolak. Jangan salah juga, bahwa keputusan akhir ada di perusahaan, bukan lembaga yang melakukan tes. Lembaga ini bertugas memberikan rekomendasi apakah kandidat dapat diterima, dipertimbangkan atau ditolak berdasarkan kriteria yang diperlukan perusahaan. Dapat saja terjadi, lembaga merekomendasikan Anda, namun perusahaan tidak menerima karena adanya pertimbangan internal perusahaan, misalnya dalam kriteria tidak diminta kesesuaian kandidat bekerja dalam kelompok besar, atau lingkungan manufaktur atau lainnya. Sementara profile kandidat menunjukkan ia cenderung optimal bekerja dalam tim kecil. Faktor lain adalah adanya perubahan kebutuhan perusahaan, seperti penundaan rekrutmen, atau pembukaan kantor cabang di daerah tertentu, dsb.

Jika Anda memang telah mengevaluasi proses seleksi yang diikuti selama ini dan menyimpulkan perlunya informasi arah karir, Anda dapat menghubungi kami atau konsultan sejenis di kota Anda. Anda juga dapat mencari tahu arah karir melalui kuis di website ini, atau website lain sejenis. Jika belum, meskipun kesal, cobalah Anda buat list surat lamaran, posisi dan proses yang telah diikuti. Apakah Anda membuat satu surat lamaran untuk semua? Bagaimana dengan penulisan CV? Sebaiknya Anda tidak membuat satu untuk semua 🙂

Mohon maaf karena kami tidak dapat memberikan analisis lebih detil karena keterbatasan informasi, namun kami berharap semoga informasi ini dapat membantu, dan teruslah berusaha mengenali diri Anda sendiri sehingga menemukan karir yang tepat. Terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.