Ini Alasan Sebaiknya Pilih Pekerjaan Sesuai Passion

oleh | 5 February 2021 | 0 Komentar

Manusia lahir dengan ketertarikan atau minat spesifik terhadap hal tertentu.  Ketertarikan ini berbeda-beda untuk setiap orang. Ketertarikan atau gairah atau bisa kita bahasakan juga dengan passion menjadi salah satu modal untuk sukses dalam bekerja.

Bekerja adalah bentuk kemandirian manusia dewasa. Ada pula yang menganggapnya sebagai sebuah kewajiban. Selepas kuliah, biasanya akan muncul keinginan dalam diri untuk bisa mandiri secara finansial dan tidak lagi bergantung pada orang tua.

Kita bekerja dalam kurun waktu yang sangat lama. Paling tidak bisa mencapai tiga puluh tahun masa kerja, jika kita bekerja di pemerintahan atau perusahaan swasta. Bahkan bisa lebih lama lagi jika menjadi wirausaha atau profesional mandiri, seperti dokter, guru besar, dan pengacara.

Dengan masa kerja yang begitu lama, maka sebaiknya tidak hanya asal dalam memilih pekerjaan.  Bekerja sesuai dengan bakat, minat, dan hasrat atau gairah terhadap sesuatu akan  lebih baik, daripada sekedar mendapatkan pekerjaan demi menghasilkan uang semata.

Lalu, kenapa sih harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat bakat? Berikut alasannya.

1. Lebih Mudah dalam Mencapai Tujuan

Contoh passion melukis, bangunlah karir menjadi pelukis profesional. Sebagai seorang pelukis, kamu mungkin ingin memiliki galeri lukis dan mengadakan pameran seni lukis di India pada usia 40 tahun. Tidak ada yang tidak mungkin dengan bekerja sesuai dengan bakat.

Kamu yang mungkin saat ini menggeluti karir yang berdasarkan bakat, kemudian mengembangkannya secara kontinyu, nantinya akan mengubah kamu dari level beginner atau amateur menjadi level expert.

Pada posisi expert, banyak hal yang bisa kamu lakukan termasuk diantaranya adalah dengan mengadakan pameran di berbagai negara, bertemu dengan para seniman ternama, dan juga membangun galeri lukis yang berisi ribuan lukisan kamu di dalamnya. Who knows? Ya kan?

2. Merasakan Kepuasan yang Maksimal

Karir berdasarkan bakat akan membawa kamu untuk merasakan kepuasan yang maksimal. Hari-hari penuh kepuasan kerja. Kamu tidak merasa ada paksaan. Kamu selalu ingin meng-upgrade kemampuan diri terkait bakat dan minat tersebut.

Kepuasan tersebut dan rasa cinta itu akan membawa kamu untuk ingin mengembangkan kemampuan diri yang lebih baik lagi yang akan membawa kamu pada titik keahlian super yang dibutuhkan oleh banyak pihak.

3. Tidak perlu mengejar penghasilan. Uang akan mengikuti, jika kamu berhasil membangun karir sesuai bakat

Uang bukan segalanya dalam bekerja. Setidaknya aktivitas tersebut menjadi penyalur bakat dan minat kamu dalam bidang tersebut. Jika di akhir kamu mendapatkan apresiasi berupa income dalam bentuk uang, maka itu bonus yang menyenangkan dari aktivitas yang menyenangkan pula.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.