Evaluasi Skill Anda sebagai Nilai Jual

oleh | 23 October 2008 | 0 Komentar

Saat ini, banyak orang mencari pekerjaan. Ada yang memang belum bekerja, ada juga yang tidak betah di tempatnya bekerja sekarang. Bagaimana pun situasinya, setiap pencari kerja memiliki setidaknya satu kesamaan: mereka harus mengetahui nilai jual mereka.

Karena itulah mengevaluasi skill Anda adalah bagian penting dalam proses pencarian kerja. Dapat menunjukkan skill tersebut kepada calon perusahaan yang mempekerjakan Anda juga tidak kalah pentingnya. Tapi ternyata banyak orang yang kesulitan dalam melakukan hal ini.

Jangan sampai Anda meremehkan kemampuan Anda sendiri. Hal ini dapat menyebabkan Anda menilai diri Anda terlalu rendah ketika berhadapan dengan wawancara kerja. Skill sebenarnya terdiri dari segala yang dapat Anda lakukan, yang terdiri dari kemampuan yang bawaan, kemampuan yang dapat dipindahkan (transferable), dan berhubungan langsung dengan pekerjaan (job-specific).

Skill bawaan adalah yang biasa disebut sifat atau kepribadian. Hal-hal inilah yang biasanya digunakan teman-teman kita ketika mendeskripsikan kita, seperti dapat diandalkan, teratur, jujur, dan ramah. Kita sering kali tidak menganggap sifat-sifat ini sebagai skill, tetapi hal tersebut penting bagi perusahaan yang mempekerjakan kita.

Seseorang tidak kehilangan pekerjaannya karena dia tidak bisa mengerjakan suatu pekerjaan. Menurut survey, hanya empat persen menganggap ‘tidak melakukan pekerjaan’ sebagai perilaku karyawan yang paling mengganggu. Perusahaan lebih khawatir akan perilaku seperti berbohong dan tidak jujur (14%), sering membolos dan telat (12%), kesombongan dan terlalu percaya diri (10%), dan kurang berdedikasi (6%).

Skill yang dapat dipindahkan adalah skill yang dapat dipelajari seiring dengan waktu, misalnya komunikasi (tertulis dan verbal), kemampuan mengelola (managing), negosiasi, menyelesaikan masalah, dan memenuhi tenggat (deadline).

Mengenali dan mempromosikan kemampuan-kemampuan di atas dapat meningkatkan nilai jual Anda. Karena kendati pun setiap perusahaan melakukan bisnis yang berbeda-beda, kemampuan memotivasi karyawan misalnya, sangat berharga dalam perusahaan apa pun. Skill yang dapat dipelajari seperti ini sangat penting khususnya ketika Anda masuk ke karir yang baru. Kemampuan menulis yang baik, misalnya, adalah asset penting dalam berbagai industry.

Skill yang berhubungan langsung dengan pekerjaan adalah yang biasanya Anda pikirkan ketika ditanyakan mengenai kemampuan Anda. Biasanya Anda akan menyebut kemampuan menggunakan software tertentu, mengoperasikan mesin tertentu, programming komputer, menerbangkan pesawat, dan mengetik sejumlah kata per menit.

Meskipun kemampuan di atas sangat penting, kebanyakan tidak mudah dipindahkan ke posisi lain atau industry lain. Seorang asisten administrasi yang sedang melamar posisi manajemen, misalnya, seharusnya fokus pada hal-hal seperti menyelesaikan masalah dan berkomunikasi dengan orang lain, bukan pada kemampuan job specific.

Sebelum maju dalam pencarian pekerjaan, siapkan dulu bahan-bahan ‘jualan’ Anda. Pada awal pun Anda akan butuh bahan-bahan ini ketika menulis surat lamaran dan resume. Anda akan butuh juga sebelum memulai proses interview. Mengetahui nilai jual Anda adalah kunci mendapatkan pekerjaan.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.