Bingung cari pekerjaan

oleh | 6 May 2010 | 0 Komentar

Saya umur 27 tahun, lulusan s1 ekonomi pembangunan, saya bingung mencari kerja yang sesuai dengan kualifikasi saya, kalaupun ada, umur saya dah lewat atau pengalaman belum ada, saya mau bertanya kemampuan apa yang harus saya up-grade, untuk menjawab tantangan kerja saat ini, saya ingin kuliah s2 ambil MM tahun ini, tapi umur saya dah 27 tahun apakah hal itu akan ikut membantu karir saya kedepan.

Purnomo

Dear Sdr. Purnomo,

Hanya ada satu cara untuk mengetahui kualifikasi Anda di dunia kerja yakni dengan mencoba. Jika Anda belum pernah terjun ke dunia kerja sama sekali, bukan berarti tidak memiliki kompetensi. Kompetensi dasar lulusan S1 adalah logika berpikir sistematis, komunikasi efektif, ketrampilan sosial – interpersonal, penyusunan prioritas dan tentu saja kerjasama tim. Apakah kompetensi tersebut telah Anda asah selama kuliah? Mana yang kira-kira perlu ditingkatkan? Anda bisa melakukan evaluasi mandiri, ditambah dengan evaluasi orang terdekat yang pernah bekerjasama dengan Anda ketika mengerjakan tugas kuliah misalnya. Berbagi dan buka diri Anda untuk menerima umpan balik dari mereka.

Cermati lowongan kerja dengan paparan tugas dan tanggung jawabnya (jobdes), cari yang sesuai dengan kompetensi teknis ( bisa berdasar disiplin ilmu Anda) dan kompetensi di atas (softskill). Pelajari juga bagaimana penulisan surat lamaran, CV dan resume yang tepat dan menarik. Anda bisa mendapatkan banyak contoh pola di internet.

Bukan usia yang perlu Anda resahkan ketika telah menginginkan melanjutkan studi, melainkan niat untuk mendalami ilmu tersebut. Pilihan tersebut tentu akan bermanfaat jika Anda benar-benar memanfaatkannya dan memiliki alasan jelas. Tanyakan kembali pada diri sendiri, apa tujuan memilih MM, apa rencana Anda dalam tiga tahun ke depan dalam berkarir? Aktivitas kerja seperti apa yang Anda sangat inginkan? Sudahkah Anda mengumpulkan informasi dari komunitas ekonomi pembangunan? Buka diri Anda untuk berbagai informasi. Curahkan energi Anda untuk mencari dan mengeksplorasi minat dan ketrampilan Anda, bukan untuk meresahkan sesuatu yang hanya membangun penjara diri. Bangun kemandirian berpikir , mental dan semangat diri 🙂

Semoga bermanfaat, Anda pasti bisa menciptakan semangat bagi diri sendiri. Terima kasih.

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.