Bimbang menentukan pilihan

oleh | 23 November 2011 | 0 Komentar

Saya saat ini sedang dilanda bimbang, setelah selesai kuliah orang tua saya berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, tetapi keinginan saya yang paling dalam tidak mau bekerja di swasta, saya ingin berkarir di dunia politik, karena saya ingin membangun daerah saya, saya mohon pendapat dan sarannya.

Trims

Andri Nugraha

Dear Sdr.Andri,

Tentu Anda dengan mudah memahami harapan orangtua Anda. Pada saat yang sama, Anda juga dapat melihat bahwa kini berkarir di politik telah menjadi salah satu pilihan yang sekian tahun ke depan akan berjajar seperti pilihan karir lain. Anda jangan lupa bahwa beberapa pemimpin daerah berasal dari kalangan swasta dan mampu membenahi daerahnya dengan signifikan. Coba elaborasi diri Anda sendiri dengan rangkaian pertanyaan berikut. Anda bisa menggunakan alat perekam atau menuliskan jawaban baik di atas kertas atau dalam perangkat komputer. Pastikan Anda berada di lingkungan yang nyaman & jawablah sespontan dan sejujur mungkin. Jangan terburu-buru namun juga tidak terlalu lama berpikir. Pertanyaannya adalah:

1. Apa yang Anda inginkan dalam hidup ini?

2. Sebagai individu, secara ideal, Anda ingin menjadi seorang yang bagaimana? Gambarkan dengan detil.

3. Aktivitas seperti apa yang paling ingin Anda lakukan dalam hidup ini?

4. Apa saja target yang ingin Anda capai dalam aktivitas tersebut?

5. Bagaimana cara mencapai target tersebut?

6. Bagaimana langkah jangka pendek & menengah untuk mencapai target tersebut?

7. Bagaimana lingkungan kerja yang Anda inginkan?

8. Bagaimana karakter rekan kerja favorit Anda?

Setelah selesai, simpan rekaman/catatan Anda dalam 1-2 hari. Selanjutnya, dengarkan atau baca kembali untuk melakukan ‘diskusi’ dengan diri sendiri lebih ‘objektif’. Saya cenderung menyarankan Anda menuliskan rekaman atau langsung menjawab dalam tulisan. Hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk membaca secara berulang satu bagian dan lainnya secara runtut maupun acak. Anda dapat menambahkan referensi diri dengan mengisi asessment dalam website ini atau berkonsultasi secara langsung dengan Konsultan. Semoga dapat membantu, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.