Apakah yang harus dilakukan seorang karyawan outsource?

oleh | 13 April 2012 | 3 Komentar

Halo,
Perkenalkan saya seorang eks karyawan outsource yang kini sedang mencari kerja lagi. Pekerjaan saya sebelumnya cukup menarik dan bergengsi karena di sebuah perusahaan terbesar di Indonesia di bidangnya. Saya bekerja dengan status outsource selama 4 tahun dengan 4 kali pergantian bidang pekerjaan di mana saya mengawali bekerja di situ sebagai team sales lapangan kemudian diminta untuk back office dalam team design (karena saya lulusan desain grafis), setahun kemudian diminta untuk bergabung di team marketing communication, lalu terakhir saya menjabat Store Manager untuk toko retail pertama nya di Indonesia. Semua itu saya jalankan dalam status Tenaga Outsource tanpa ada kepastian pengangkatan status menjadi permanent. Yang ingin saya tanyakan ialah apa yang harus saya lakukan ketika saya melamar pekerjaan berikutnya di perusahaan lain? Status saya sebagai tenaga outsource tampak akan mengganggu pertimbangan pihak HR, namun di lain pihak saya memiliki skill dan pengalaman yang dapat saya katakan bahkan saya telah menandingi skill para karyawan tetap di perusahaan tersebut. Apakah saya jujur bahwa saya eks tenaga outsource, atau harus bersilat lidah?
Trims sebelumnya, kasus ini sangat menyiksa batin dan pikiran saya

Juan

Dear Sdr.Juan,

Perlu Anda ketahui bahwa status outsource pada pengalaman kerja sebelumnya bukan indikasi negatif. Tidak ada yang salah dengan status tersebut, sehingga kekhawatiran Anda kurang beralasan. Yang penting untuk diperhatikan adalah apa yang dapat Anda tawarkan di perusahaan baru nanti, bagaimana implementasi dan sebagainya. Terkait dengan proses interview (salah satu tahapan dalam assessment kerja), Anda perlu mencermati ulang pengalaman kerja sebelumnya lebih detil terutama prosesnya (lihat kembali CV & resume). Proses inilah yang akan menjadi sorotan dan bahan ‘diskusi’ dalam interview, karena pewawancara perlu mengetahui pola kerja, pola interaksi kerja, gaya pemecahan masalah, hingga bagaimana mengatasi hambatan/kegagalan dalam bekerja. Kami sarankan untuk mempelajari teknik menjawab sistematis STAR (situasi, tugas, aksi, result/hasil) sehingga memudahkan Anda dalam menjelaskan pada pewawancara. Sangat mungkin, perusahaan melakukan pemeriksaan silang ke perusahaan sebelumnya, karena itu, mulailah lembaran baru ini dengan membawa diri yang sesungguhnya. Anda juga perlu merumuskan beragam pengalaman (mulai dari tim marketing hingga store manager) menjadi kekuatan utama untuk karir ke depan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultasikarir.com

Share this post :

There are 3 comments .

yvonne —

Hai juan, bisa minta alamat email anda?
Saya karyawati baru di sebuah perusahaan outsourching dan saya juga sebagai marketing comunication. Masalahnya saya baru dalam bidang pekerjaan ini. Sudilah kiranya Mas Juan membantu saya memberikan ide-ide atau masukan-masukan terkait pekerjaan ini, karena dari yang saya baca, Anda sudah sangat berpengalaman dalam bidang pekerjaan sebagai marketing communication.
Please email me at : vonny.yvonne@yahoo.com
Thank you

Reply »
yvonne —

Kepada Tim Konsultasikarir.com
Saya mohon bantuannya juga…please???

Reply »
Tyas —

Dear Sdr.Yvone,

Anda dapat menuliskan pertanyaan di forum ini (lihat homepage website Konsultankarir.com dan klik Kirim Pertanyaan) atau dapat menghubungi kami di nomor telepon yang tersedia, terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.