Adaptasi

oleh | 14 May 2013 | 0 Komentar

Kenapa saya susah sekali beradaptasi dalam lingkungan kerja yang baru? Apakah ini ada hubungannya dengan sifat saya yang agak pemalu, dan cuek. Mohon saranya terima kasih

Dear Sdr. Dedy,
Untuk memudahkan, cobalah deskripsikan secara detil beberapa hal berikut: (a) siapa orang terdekat-pola interaksi selama ini, bisa di dalam atau di luar keluarga ; (b) siapa teman yang paling cocok selama ini-pola interaksi selama ini; (c) siapa rekan kerja yang paling cocok selama ini-pola interaksi seperti apa; (d) pola belajar saat sekolah/kuliah bagaimana-apakah memerlukan musik, sunyi, atau berdiskusi dengan beberapa teman; (e) bagaimana memanfaatkan waktu senggang-adakah aktivitas tertentu/hobi?

Gambaran interaksi di atas bertujuan untuk mengetahui pola interaksi dan lingkungan yang paling sesuai/nyaman bagi Anda. Begitu pula dengan aktivitas di waktu senggang, cermati aktivitasnya, bagi ekstrovert biasanya beraktivitas dengan temant seperti jalan ramai-ramai atau main band, bagi yang introvert biasanya akan menikmati waktu sendiri, seperti bermain musik sendiri, membaca sambil mendengarkan musik.

Harapannya, Anda mengetahui pola adaptasi sehingga bisa mengarahkan diri, termasuk mengetahui aspek yang perlu ditingkatkan untuk beradaptasi di situasi yang kurang menyenangkan/sesuai bagi diri Anda.

Semoga dapat membantu Anda, terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.