6 Tips Jitu Menulis Surat Lamaran yang Benar

oleh | 6 October 2017 | 0 Komentar

Konsultan karir - 6 tips jitu menulis surat lamaran yang benar

Salah satu penyebab kegagalan pencari kerja baru kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan adalah dalam hal penulisan CV dan surat lamaran. Pastikan Anda mengetahui hal-hal yang baiknya dituliskan dalam surat lamaran dan CV sebelum mengirimkan kepada perusahaan yang Anda incar. Artikel berikut ini akan membantu Anda untuk memberikan tips jitu penulisan surat lamaran dan CV yang tepat.

1. Tuliskan informasi yang relevan seperti alamat, email, tanggal lahir, nomor telepon yang dapat dihubungi, pendidikan terakhir, serta pengalaman kerja sebelumnya

2. Hobi atau minat yang tidak merujuk keketerampilan kerja yang diinginkan. Calon pencari kerja, terutama individu berpengalaman, harus memiliki informasi yang lebih menarik untuk dituliskan dalam surat lamaran. Tuliskan dengan jelas, detil dan lengkap kemampuan serta ketrampilan yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda incar.

3. Gunakan foto yang professional, yakni foto dengan menggunakan pakaian yang formal dan rapi.

4. Alasan meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Tidak perlu untuk menyampaikan alasan tersebut dalam surat lamaran dan CV. Semua keputusan karir adalah milik Anda, baiknya tidak perlu dituliskan dalam surat lamaran. Sampaikan alasan tersebut saat wawancara ketika ditanyakan kepada pihak perekrut.

5. Nama dan informasi kontak dari mantan atasan sebelumnya. Berikan daftar terpisah referensi Anda ketika diminta. Jangan lupa untuk menginformasikan mantan atasan dan pimpinan Anda terkait dengan referensi yang Anda tuliskan kepada pihak perekrut perusahaan yang Anda lamar.

6. Sertakan juga kemampuan pribadi seperti kemampuan komputer, negosiasi, presentasi bisnis, design dan sebagainya yang dapat menunjang profil Anda.

Oleh: Karirpad.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.