4 Cara Sukses Mendapatkan Pekerjaan Ideal Melalui Sosial Media

oleh | 28 July 2017 | 0 Komentar

Konsultan Karir - 4 Cara Sukses Mendapatkan Pekerjaan Ideal Melalui Sosial Media

Tahukah Anda sosial media bisa menjadi platform yang ideal untuk mendapatkan pekerjaan idaman. Mulai dari mencari lowongan hingga media mempromosikan diri agar bisa menarik perhatian perusahaan yang Anda incar. Jika dilakukan dengan cara-cara yang tepat, bukan hanya mendapatkan perusahaan idaman, namun kelebihan lain juga bisa Anda nikmati. Artikel berikut ini akan mengupas 4 cara sukses mendapatkan pekerjaan idaman melalui sosial media.

Foto profile

Tentunya sudah menjadi hal yang alami ketika foto atau profile merupakan hal pertama yang dicari oleh perusahaan. Untuk itu luangkan waktu lebih untuk membuat foto profile yang baik dan terlihat profesional di akun sosial media Anda. Idealnya adalah dengan pakaian yang terlihat formal seperti jas atau blazer dan tentunya dasi, namun jika Anda enggan untuk melakukan semua itu, foto yang bersih dengan baju yang sesuai dan tentunya latar belakang yang netral sudah cukup untuk meyakinkan kepada perusahaan bahwa Anda adalah seorang profesional muda.

Biodata

Saat ini sudah banyak sosial media yang memberikan space atau tempat untuk Anda menuliskan latar belakang singkat tentang informasi diri. Upayakan untuk membuat informasi sesingkat namun selengkap mungkin yang mencerminkan kepribadian Anda sebagai pembuka, untuk pilihan bahasa, jika Anda cukup handal menggunakan bahasa inggris bisa juga dipilih untuk informasi diri, namun jika Anda merasa cukup nyaman menggunakan bahasa Indonesia, tuliskan biodata sedetil dan sebaik mungkin di akun sosial media.

Samakan informasi di sosial media dengan CV dan resume

Yang perlu diingat adalah ketika Anda hendak mengirimkan CV dan resume kepada perusahaan, coba cermati kembali apakah informasi yang diberikan sudah sama dengan informasi yang Anda unggah ke sosial media. Dengan demikian tidak ada kesalahan atau kesalahpahaman antara Anda dengan pihak perusahaan saat proses perekrutan berlangsung.

Ubah pengaturan akun sosial media menjadi private

Cara yang satu ini juga bisa dilakukan jika Anda enggan untuk membagikan profil, album foto, status serta komen yang ada di sosial media, yaitu merubah pengaturan akun sosial media menjadi privat. Dengan demikian pihak perusahaan tidak bisa melihat kegiatan, status hingga foto-foto yang Anda unggah ke sosial media. Tentunya cara yang satu ini membatasi perusahaan untuk melihat secara langsung seperti apa kepribadian yang Anda tampilkan di sosial media. Disarankan untuk tidak melakukan cara ini jika Anda mengandalkan sosial media untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

Oleh: www.karirpad.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2022 Konsultan Karir. All rights reserved.