3 Hal Krusial untuk mengatasi karir mandek. Kenali Metode Mengatasinya

oleh | 12 November 2021 | 0 Komentar

Siapapun yang memiliki pekerjaan akan mengalami apa yang dinamakan berkarir. Berkarir dapat berarti menjalani pengembangan diri melalui jalur karir.  Seperti juga perjalanan, akan ada yang namanya hambatan.

Demikian juga menjalani karir, tidak selamanya mulus. Bahkan orang-orang yang paling berpotensi sekalipun pernah merasakan karir mandek. Contoh, hanya karena kurangnya kemampuan berkomunikasi efektif, seseorang yang berkinerja tinggi dapat saja mengalami hambatan dalam pengembangan karir.

Oleh karena itu, setiap orang yang berkarir perlu memahami secara mendalam apa saja hal krusial yang perlu diperhatikan dalam  mengembangkan karir. 

Berikut ini Konsultankarir.com  memberikan tips untuk mengatasi karir mandek dan cara mengatasinya, sebagai berikut:

Tidak mengenali potensi diri

Mungkin ini menjadi alasan utama mengapa career coach sangat dibutuhkan. Banyak orang yan tidak menggetahui potensi diri mereka. Bahkan, kadang ada yang mengunci potensinya  hanya agar dapat fokus pada pekerjaan yang mendatangkan bayaran tinggi saja.  Memang tidak salah. Tapi, akankah pekerjaan itu akan selalu memberikan bayaran tinggi? Tidak ada yang tahu.

Nah, bagi Anda yang memang ingin mengembangkan potensi dan menikmati profesi yang ditekuni sebagai bagian perkembangan diri, maka Anda harus mencari tahu apa yang benar-benar menjadi potensi Anda.

Di sinilah kompetensi seorang coach/konsultan diuji. Pasalnya, seorang konsultan yang baik akan mendorong Anda untuk menggali diri lebih dalam, mengenali kekuatan Anda, memahami apa keterbatasan Anda, dan apa saja kemampuan dan potensi diri yang belum Anda manfaatkan secara penuh.

Yang jadi pertanyaan, apakah Anda puas dengan pekerjaan dan hasil yang sudah didapat? atau Anda ingin benar-benar menunjukkan pada dunia potensi dan kemampuan Anda?

Tidak tahu apa yang benarbenar dibutuhkan

Banyak orang berpikir bahwa mereka tahu apa yang mereka butuhkan, padahal tidak seperti itu. Kesuksesan sebuah profesi bukan terletak pada seberapa besar gaji Anda dan seberapa tinggi jabatan Anda, tapi seberapa besar kebutuhan Anda terpenuhi.

Karier terbaik adalah karier yang sesuai dengan kemampuan dan passion. Selain itu, karier harus bisa memberikan kepuasan penuh, baik dalam hal gaji, prestasi, maupun pengembangan diri. Dengan begitu, Anda benar-benar mengisi hidup dengan baik selama menempuh karier.

Mencari tahu apa yang benar-benar Anda butuhkan kelihatannya sepele, tapi sebenarnya sulit dilakukan. Oleh karena itu, kehadiran pihak lain yang kompeten atau seorang career coach sangat diperlukan.

Mereka tidak hanya membantu Anda mengenali kebutuhan Anda, tapi juga membantu  menemukan tujuan karier dan menggali potensi sejati Anda sekaligus.

Perjalanan karier yang tidak jelas

Untuk profesi tertentu, seperti profesi dokter, jalur karir sudah tertata jelas dan terang, tinggal mengikuti saja arah itu, maka akan mencapai kesuksesan. Namun, tidak demikian dengan profesi atau bidang karier lainnya. Anda paling tidak perlu benar-benar melakukan riset terkait profesi tersebut, mengenali diri sendiri, dan membangun networking untuk mencapai sukses. Maka dari itu, penting untuk mulai mengidentifikasi dan menentukan pilihan karir yang sesuai dengan tujuan hidup Anda, baik jangka pendek atau jangka panjang.

Resume yang kurang tepat

Beberapa orang merasa resumenya sudah sangat baik, padahal di mata rekrutmen resume tersebut biasa saja. Sebuah resume yang baik, tidak hanya menarik dari sisi konten, tetapi juga harus menunjukkan lay out yang tepat terkait karir yang dituju agar resume Anda tersampaikan dengan baik. Semakin tinggi persaingan dalam memperoleh pekerjaan, maka semakin tinggi pula tuntutan resume Anda untuk tampil menarik dan menyakinkan.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2021 Konsultan Karir. All rights reserved.