Rencana kuliah di Eropa

oleh | 3 December 2009 | 0 Komentar

Saya ingin bertanya dunk tentang kuliah di luar negri. Saya seorang mahasiswa tingkat 3 di universitas swasta di Jakarta, saya mengambil jurusan sistem komputer

1. saya ingin kuliah di eropa, tapi saya bingung negara mana yang cocok untuk saya, setidaknya dengan biaya yang minim lah..

2. yang harus saya ambil TOEFL terlebih dahulu atau kursus bahasa negara yang akan dituju

3. Kira-kira jurusan apa yang cock untuk saya, andai saya mau ambil telekomunikasi cocok atau tidak ya?

4.apakah ada minimum IPK yang harus di tempuh?

mohon pencerahannya ya kk….

Listio Ardian

Dear Sdr. Listio,

Selamat sebelumnya, karena tidak banyak individu yang memiliki semangat seperti Anda di awal usia kuliah. Kita bahas per nomor juga ya 🙂

1. Jika Anda berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, mulailah rajin mengunjungi pusat kebudayaan asing, seperti Erasmushuis, CCF (Perancis), Instituto Italiano, Goethe Haus (Jerman), British Council, Japan Foundation, dll. Anda bisa mendapatkan informasi pendidikan luar negeri lebih rinci dan dari sumber yang kompeten (termasuk berjejer brosur serta buku tentang perguruan tinggi,jurusan plus alokasi dana/info beasiswa). Jika domisili di luar Jakarta, kunjungi website mereka.

2. Beberapa negara Eropa telah menerapkan sistem perkuliahan dengan bahasa Inggris, Anda akan mendapatkan semacam kursus bahasa sehari-hari (misal di Italia), setidaknya tidak nyasar lah… hehehe. Cari lebih detil lagi di tempat-tempat di atas dan websitenya. Jika Anda memang ingin mempelajari bahasa asing selain bahasa Inggris, itu akan menjadi nilai plus, namun Anda tetap harus menguasai bahasa Inggris sebagai dasar interaksi internasional.

3. Mulai amati diri sendiri, di mana passion Anda dalam studi dan kelak ingin berkiprah (bekerja) di bidang apa? Untuk ini, asessment dapat memberikan tambahan informasi mengenai preferensi minat. Ikuti asessment online di web KK, atau lainnya, bisa juga dengan datang ke konsultan untuk lebih dalam.

4. Secara umum akan ada seleksi proposal,TOEFL/sejenisnya, GAT (tidak semua jurusan) dan wawancara. Informasi ini juga tersedia lengkap di pusat-pusat informasi di atas.

Selamat ‘berburu’ & have a great time!
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.