Rekan kerja yang tidak kooperatif

oleh | 30 January 2010 | 0 Komentar

Bos saya selalu mendelegasikan tugas kepada saya dan menyuruh saya mendistribusikan tugas-tugas kepada rekan yang selevel dengan saya. Hal ini tampaknya membuat rekan tersebut merasa saya bossy. Jika saya minta tolong baik-baik, tugas dari bos akan dia tunda-tunda. Jika saya minta dengan tegas dia akan memanggil saya ibu bos dan menyebarkan rumor bahwa saya berusaha menggoda bos saya. Apa yang harus saya lakukan?

Sonia

Dear Sdr. Sonia

Adakalanya kita menemui orang-orang yang ?alergi? dengan perintah, sistem, mekanisme dsb. Mereka yang menganut ?kebebasan? akan merasa tidak nyaman dengan instruksi terlebih sistem yang super detil. Namun ada juga orang yang kelabakan saat diminta membuat sendiri ?sistem kerja? dan memilih menunggu prosedur saja. Tentu tiap individu akan memiliki dinamikanya sendiri.

Tantangannya di dunia kerja adalah kolaborasi antar personel. Layaknya harmoni dalam satu simfoni, untuk itu satu sama lain perlu mengenal karakter masing-masing. Setidaknya orang-orang yang terkait langsung, karena akan berinteraksi intensif.

Coba kenali karakter diri sendiri dan rekan kerja Anda. Mungkin ia akan lebih nyaman ketika dilibatkan diskusi. Meski instruksi dari atasan telah jelas, tidak ada salahnya Anda mendiskusikannya dengan rekan Anda. Diskusi santai untuk mencapai kesepakatan pola eksekusinya. Pola komunikasi ‘curhat’ bisa Anda terapkan, tentu dengan kesungguhan berbagi ya, bukan kemasan semata. Harapannya tugas tersebut menjadi tugas tim di mana Anda adalah salah satu anggotanya, bukan ?bos? bayangan atau sekedar kurir instruksi 🙂 Rekan Anda pun mungkin akan melihat sisi lain dari ‘tanggung jawab’ yang Anda dapatkan dari atasan.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.