Tidak cocok dengan pekerjaan.

oleh | 17 September 2013 | 0 Komentar

Salam kenal,
Perkenalkan saya seorang lulusan PTN tahun 2011, sekarang saya sedang menjalani pekerjaan dengan kontrak awal 3 bulan sebagai IT-programmer pada salah satu perusahaan di bilangan Jakarta. Sebelumnya saya bekerja sebagai guru komputer selama kurang lebih satu tahun di salah satu sekolah menengah atas. Saya menikmati pekerjaan saya sebagai guru karena memberikan banyak manfaat disana, dapat mengajar, mengelola jaringan, dan membantu guru lain jika ada yang bermasalah dengan komputer/laptopnya. Namun karena penghasilan yang tidak banyak dan tidak menentu akhirnya saya memutuskan untuk resign dan berhenti mengajar.

Sayangnya itu menjadi langkah yang saya sesalkan karena saya tidak menikmati pekerjaan saya yang sekarang. Ada kawan yang bilang saya memiliki sifat idealis dan berjiwa bebas karenanya tidak betah bila berada di belakang meja. Adakah saran tindakan apa dan pekerjaan apa yang cocok untuk saya kedepannya?

Dear Hanif,

Jika Anda lebih menikmati pekerjaan sebagai guru atau pengajar, ada kemungkinan Anda termasuk orang yang menyukai interaksi social dengan banyak orang, berminat untuk mengembangkan orang lain, dan memiliki kemampuan komunikasi yang potensial untuk dikembangkan. Perubahan aktivitas dari guru menjadi IT programmer, tentu menuntut adaptasi yang cukup besar, dilihat dari criteria aktivitasnya.

Anda tidak perlu terlalu risau, yang perlu ditekankan adalah bersedia menggali potensi diri terus menerus. Kembali mengajar di tempat sebelumnya memang pilihan, namun sebaiknya jangan sampai terpaksa, karena tentu akan berdampak tidak positif di karier kelak. Anda tetap memiliki pilihan lain tanpa mengubah diri menjadi orang lain, yang senang berinteraksi dan berbagi dengan orang lain, seperti mengajar. Cobalah mencari informasi tentang peluang trainer atau instruktur di perusahaan. Beberapa perusahaan biasanya memiliki program pengembangan karyawan baik secara hardskill maupun softskill. Memang lebih banyak pada pengembangan hardskill, terutama yang langsung terkait atau menunjang produksi atau core business-nya.

Demikian, semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim KonsultanKarir

This post was submitted by hanif.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2014 Konsultan Karir. All rights reserved.