Tips Agar Millennial Betah di Tempat Kerja

oleh | 5 October 2020 | 0 Komentar

Millenial atau yang juga sering disebut dengan generasi Y merupakan generasi yang lahir sekitar tahun 1970an akhir/1980an awal sampai tahun 1990an akhir. Generasi ini sangat identik dengan kedekatan terhadap teknologi, khususnya teknologi komunikasi, digital, dan media sosial. Setiap generasi, termasuk millennial memiliki karakteristik masing-masing untuk mengoptimalkan potensi dan bakat mereka.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan jika memiliki karyawan dari generasi millennial.

Memberikan Rotasi Tugas

Generasi millennial dikenal menyukai tantangan atau bisa dikatakan mudah bosan ketika meniti karir. Hal ini mungkin sering ditemukan dari CV mereka yang memiliki banyak pengalaman kerja dari tempat yang berbeda-beda. Sebenarnya, mereka tidak suka menjalani pekerjaan yang berupa rutinitas sama terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, millennial sebaiknya mendapat rotasi tugas setiap periode tertentu. Selain itu para millennials yang memiliki tugas beririsan juga dapat dipasangkan atau diminta berkolaborasi memberikan ide-ide yang unik untuk menuntaskan pekerjaan mereka.

Memberikan Arahan yang Jelas

Dalam sebuah tim, para millennials harus diajak untuk berjalan ke arah yang sama dengan arahan yang jelas. Tanpa arahan yang jelas, mereka dapat terjebak pada perasaan bahwa apa yang mereka lakukan terkesan tidak bermakna. Millennial tidak hanya ingin sekedar bekerja tetapi juga membuat perubahan.

Sesi coaching juga sangat membantu.  Atasan dapat melakukan sesi tersebut sebulan sekali untuk mengingatkan millennial mengenai visi yang ingin dicapai bersama. Ajang diskusi orang per orang ini  juga merupakan sarana untuk menunjukkan bahwa peran mereka untuk mencapai tujuan bersama sangat penting.

Memberikan Kesempatan Untuk Menggunakan Cara Mereka

Generasi millennial biasanya tidak suka didikte. Hal ini mungkin memberikan kesan yang manja atau egois dalam relasi kerja. Namun mereka juga memiliki kreativitas yang tinggi. Sebagai atasan, Anda hanya perlu memberikan arahan untuk mereka dan membiarkan mereka menentukan sendiri cara mencapai tujuan misalnya membuat timeline atau jadwal sendiri.

Mengadakan Evaluasi

Memungkinkan adanya kreativitas tidak berarti millennial boleh bebas tanpa batasan. Mereka tetap memerlukan indikator keberhasilan bersama. Lakukan evaluasi kegiatan setelah tugas usai terlaksana. Ini adalah cara yang efektif bagi millennial untuk memiliki ruang kreasi yang bertanggung jawab

Itulah beberapa tips bagi siapa saja yang bekerja dengan millennial supaya generasi millennial dapat bertahan lama bekerja bersama Anda.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.