Mengenal Generasi Y dan Cara Menjalin Relasi Kerja yang Baik dengan Gen Y

oleh | 4 September 2020 | 0 Komentar

Generasi Y atau juga sering disebut dengan Millenial adalah mereka yang lahir dari tahun 1981 sampai 1994. Ini generasi yang lahir ketika teknologi sedang mengalami perkembangan yang pesat. Di era ini muncul komputer, smartphone, dan gadget yang sudah didukung oleh kecanggihan internet.

Hal ini membuat generasi millennial sangat familiar memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi dan lain sebagainya. Dengan sistem pendidikan yang lebih menunjang pemanfaatan teknologi dibandingkan generasi sebelumnya, generasi ini dapat dikatakan memiliki banyak keinginan maupun ide visioner dan inovatif untuk mengatasi masalah melalui penguasaan IPTEK yang memadai.

Ciri-ciri Generasi Y

Generasi ini tergolong ambisius dalam karir. Selain banyak yang memilih pekerjaan kantoran, sebagian lain tertarik untuk membuka bisnis sendiri untuk meraih sukses. Mereka bisa dikatakan memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi.

Keseimbangan antara pekerjaan dan gaya hidup menjadi hal yang sangat penting untuk generasi Millennial. Oleh sebab itu, mereka cenderung memilih pekerjaan yang mampu mendukung gaya hidup atau sesuai dengan bakat yang dimiliki. Jika tidak, maka mereka akan memilih untuk berhenti dari pekerjaan itu dan mencari pekerjaan lain.

Karena generasi ini lahir di era globalisasi, hal ini membuat para milenial cenderung konsumtif. Uang yang mereka miliki banyak dihabiskan untuk membeli kendaraan, gadget keluaran terbaru, kuliner, dan jalan – jalan. Tetapi di sisi lain mereka juga mulai menyadari akan pentingnya memiliki properti untuk keluarga. Oleh sebab itu, banyak dari generasi ini yang mengambil KTA atau KPR untuk mendapatkan rumah atau apartemen.

Bagaimana Menyikapi Generasi Y di Dunia Kerja

Bagi generasi X yang memiliki relasi kerja dengan para millennial perlu memahami mereka karena generasi ini memiliki pandangan yang berbeda mengenai generasi X. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara mereka membuat CV berbeda dengan generasi pendahulunya.

Bahkan saat wawancara kerja pun para millennial berbeda dengan generasi X dan baby boomer yang cenderung sangat formal. Bagi yang berelasi dengan generasi Y, berikut ini adalah beberapa tips untuk menyikapi para millennial di tempat kerja:

  • Menyampaikan informasi secara to the point alias singkat padat jelas dan tidak bertele-tele.
  • Mengajak mereka untuk berdiskusi bersama dalam mengambil keputusan (mereka tidak menyukai hal-hal yang terselubung dan ingin mengetahui informasi terbaru).
  • Memahami gejolak dan mengakui eksistensi mereka. Generasi X dan Baby Boomers dapat menasihati mereka dengan cara yang bijak.
  • Mengajak brainstorming ide karena mereka memiliki potensi memunculkan ide-ide baru yang kreatif
  • Tidak sok mendikte atau menggurui karena millennial lebih senang diperlakukan sebagai sahabat

Demikian tips sederhana membangun relasi dengan generasi milenial. Selamat mencoba!

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.