Pekerjaan, Karir, & Impian

oleh | 26 January 2011 | 1 Komentar

When you enter an office, you have hope to build your dream with this company. It serves like a boat, to sail into your dream.

“Your job is not your career,” demikian kata Career Couch Rene Suhardono. Company punya tujuan, company selalu punya agenda sendiri. Kita yang bekerja di dalamnya adalah alat untuk mencapai tujuan tersebut.

Kita direkrut karena kita adalah alat yang cocok untuk mengisi kebutuhan perusahaan pada saat itu. Kompetensi, pengalaman, dan karakter kita cocok dengan yang dibutuhkan sebagai alat pencapaian tujuan perusahaan.

Namun bisnis terus bergerak, perusahaan yang hebat adalah perusahaan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan, dan bahkan menjadi alat penggerak perubahan itu. Dari waktu ke waktu, alat yang dibutuhkan untuk pencapaian tujuan perusahaan pun akan terus berubah.

Itu bila dilihat dari sisi perusahaan. Itu adalah pekerjaan Anda. Your job. Namun ingat bahwa, pekerjaan Anda bukanlah karir Anda.

Karir, atau karier, apabila kita cari definisinya (coba saja di-google) selalu mengandung kata-kata kunci pengembangan dan kemajuan, selain merupakan suatu aktivitas/pekerjaan/karya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan karir sebagai berikut:

noun 1. 1 perkembangan dan kemajuan dl kehidupan, pekerjaan, jabatan, dsb: ia seorang eksekutif muda yg sedang menanjak — nya; 2 pekerjaan yg memberikan harapan untuk maju: bagaimanapun kita mempunyai — yg harus kita perhatikan pula; ber?ka?ri?er v bekerja untuk mengembangkan karier: akhir-akhir ini ternyata makin banyak wanita yg tetap ~ , walaupun sudah menikah.

Situs Konsultankarir.com mendefinisikan karir sebagai sekelompok aktivitas yang Anda lakukan dan rencanakan untuk jangka waktu yang panjang dengan tujuan mencapai impian Anda. Jadi apapun yang Anda lakukan—tidak hanya pekerjaan—dalam rangka mewujudkan impian Anda juga termasuk karir.

Secara jelas bahkan Konsultankarir.com menegaskan:
“Jadi jika Anda bekerja, tetapi berpikir apa yang Anda jalani tersebut tidak berpengaruh besar terhadap hidup Anda dan Anda tidak berencana membangun impian dari pekerjaan yang Anda lakukan tersebut, berarti Anda tidak termasuk menjalankan karir dalam definisi kami.”

Jadi, sudah cukup jelas bukan apa yang membedakan pekerjaan dengan karir? Pekerjaan adalah milik perusahaan. Karir Anda adalah milik Anda sendiri. Pekerjaan adalah serangkaian tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Karir Anda adalah serangkaian aktivitas yang Anda berikan pada diri Anda sendiri untuk memenuhi pengembangan diri Anda dan mewujudkan impian Anda.

Ada waktunya ketika kedua hal itu berjalan berbarengan. Anda mempunyai passion yang dapat dicurahkan dalam pekerjaan, pekerjaan/perusahaan tempat Anda bekerja adalah perahu yang membawa Anda berlayar menuju impian Anda.

Namun, pada kenyataannya, kita tidak selalu mendapatkan diri kita dalam kondisi yang ideal. Perusahaan berubah, kita berubah, impian kita pun seringkali berubah.

Sekarang tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda sedang bekerja, atau sedang berkarir?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.