Menetukan minat kelanjutan studi

oleh | 3 December 2009 | 0 Komentar

Bagaimana mengetahui minat anak memilih jurusan di SMK misalnya Tata busana, penyusunan instrumen sendiri bisa g?

Nur Khayatun

Dear Sdr. Nur Khayatun,

Sebetulnya kita selalu menyusun ‘instrumen’ dalam kehidupan sehari-hari ketika akan menentukan pilihan. Ada yang telah berjalan sepontan, sebagian mengharuskan sel kelabu kita berpikir keras ditambah perasaan was-was. ‘Instrumen’ sederhana dalam penentuan minat adalah apa yang paling disukai, terlepas dari mampu/mungkin tercapai atau tidak. Jika seorang anak sangat menikmati bermain bola ketimbang permainan digital, misalnya, adalah indikator si anak memiliki kebutuhan sosial & afeksi yang cukup tinggi. Karena permainan non digital lebih unggul dalam interaksi antar human termasuk pengelolaan emosi, sementara permainan digital unggul dalam melatih konsentrasi dan motorik halus.

Untuk pemilihan jurusan studi, memang sebaiknya lebih kompleks dan sistematis. Hal ini karena ada beberapa kompetensi khas yang diperlukan. Anda bisa memanfaatkan kuis-kuis psikologi tentang minat dan pendidikan dari berbagai sumber di internet, salah satunya di web KK. Teori vocational Holland yang menjadi landasan di assessment karir KK akan memberikan gambaran minat (karir), misal seseorang memiliki minat Artistic dan Social yang sama kuat, sehingga sifat pekerjaan yang dapat dipilih menjadi lebih spesifik (contohnya, desainer rumah mode) (http://konsultankarir.com/daftar-profesi/).

Jika ingin mendapatkan penjelasan lebih dalam, Anda bisa menghubungi konsultan untuk melakukan asessment. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.