Keinginan dan tanggung jawab

oleh | 27 September 2012 | 0 Komentar

Saya lulusan SMA yang beberapa bulan lagi akan mengemban ilmu sastra Perancis di salah satu universitas ternama negeri di Depok.


Pertanyaanya :
1. Jujur, setelah saya mendengar bahwa saya dinyatakan lulus di program studi universitas tersebut, saya begitu senang apalagi ilmu yang akan diemban nantinya sangat saya favoritkan, namun dibalik keinginan saya tersebut terbesit apakah bisa memperoleh pekerjaan yang baik nantinya? Menurut Anda apakah saya harus mengulang? Atau menjalani ilmu favorit saya ini?

2. Orangtua 100% mendukung apa yang akan saya jalani nantinya. Memang dari dulu selain ilmu tentang budaya tersebut, saya juga tertarik di bidang leadership (management dsb) pertanyaanya apakah lebih baik saya mengambil S2 manajemen? Apakah itu tidak menjadi masalah, mengingat S1 di bidang budaya dalam dunia kerja?

3. Apabila setelah ilmu tentang Perancis yang saya dapat, apakah saya bisa melanjutkan S2 di bidang yang berbeda di negara tersebut? Apakah ilmu Perancis yang didapat mempermudah untuk mendapatkan beasiswa di sana?

Sekian pertanyaan saya , kepada Konsultankarir.com atas jawabanya, saya ucapkan terima kasih

Putra

Dear Sdr.Putra,

Selamat atas keberhasilan Anda melanjutkan pendidikan tinggi di pilihan ilmu favorit dan di universitas negeri ternama di Depok. Selamat pula atas dukungan 100% orangtua atas pilihan studi dan karir kelak. Mari kita bahas satu per satu:

1. Pekerjaan yang baik. Sedari dini, rumuskan tentang pekerjaan yang baik menurut Anda. Deskripsikan lebih detil dan konkret sehingga mendapatkan gambaran yang jelas.

2. Untuk studi S2 di Indonesia, beberapa disiplin (fakultas) membuka untuk beragam latar belakang, misalnya Magister Managemen membuka untuk lulusan/sarjana dari fakultas non ekonomi. Ada pula program magister yang mengharuskan mahasiswanya memiliki latar belakang yang linier, misal: magister psikologi klinis hanya membuka untuk sarjana psikologi, dsb. Carilah informasi yang jelas karena mungkin akan terdapat perkembangan/perubahan di sekian tahun mendatang.

3. Kemungkinan besar kemampuan bahasa Perancis akan bermanfaat untuk melanjutkan di negeri Perancis, namun tentunya masih perlu memenuhi faktor lainnya (syarat akademis).

Yang paling utama saat ini adalah meyakini pilihan diri sendiri dapat menikmati prosesnya sehingga akan optimal bagi pengembangan diri kelak 🙂

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.