Karir apa yang sebaiknya Saya jalani?

oleh | 23 December 2009 | 0 Komentar

Saya saat ini bingung dengan banyaknya bidang yang ingin Saya jalani…Langkah Saya seperti tidak terarah. Sejak Juli lalu Saya memilih menjadi freelancer di kantor akuntan sebagai auditor dan mengerjakan tugas jasa manajemen, lalu freelance sbg agent asuransi, dan part timer di sebuah NGO sebagai accounting sekedar menyajikan laporan keuangan rutin.

Sebelumnya Saya bekerja tetap dari jam 8.30 – 17.00 (sering lebih) dan sering keluar kota di sebuah NGO sbg accounting dan menjalani bisnis MLM sbg network marketing/distributor. Pengalaman bekerja lainnya Saya pernah kerja di bank sbg teller (telah dilikuidasi), di BPPN sbg Staf Custody, Kantor AKuntan sbg auditor & jasa manajemen, di perusahaan asuransi sbg sekretaris dan sub agent, di NGO internasional sbg secretariat manager.

Keputusan mjd freelancer adl krn saya ingin punya wkt yg lebih fleksibel untuk anak yg mulai masuk play group Juli lalu dan kadang2 Saya bisa bkerja dr rumah dan dimanapun.

Sebetulnya Saya ingin memiliki penghasilan yang banyak, yg Saya bisa usahakan sendiri tanpa menunggu gaji tetap yg kenaikannya gak terlalu berarti tiap tahunnya, karena Saya masih punya tanggungan2 cicilan yg harus saya bayar. Sebenarnya mjd agent asuransi berpotensi untuk itu, tp saya mjd tidak maksimal krn juga menjalani bidang lainnya…karena merasa masih butuh dana lebih mengingat di asuransi masih baru mulai di bulan september lalu. Dan kadang2 Saya jd terbirit2 dan pusing bagi waktu saat semua membutuhkan saya dengan dateline2 yg harus segera saya penuhi.

Mohon saran, sebetulnya langkah apa yg harus saya lakukan agar saya bisa mantap menjalani karir saya dan bisa menjadi the best + berhasil ? Terima kasih atas bantuannya..
Salam,
Paula Elina

Dear Sdr.Elina,

Melihat potensi, ketrampilan teknis dan pengalaman Anda, pertanyaan utama yang perlu digali adalah arah tujuan hidup Anda. Hal ini menjadi isu utama mengingat faktor teknis telah dikuasai, setidaknya pola dalam bekerja, iklim kerja, juga interaksi sosial di dalamnya. Anda berpengalaman di lingkungan terstruktur (bank) dan fleksibel/mobile (NGO, freelancer).

Sebagai salah satu aktivitas utama yang dilakukan orang dewasa, bekerja tidak bisa dinafikan sebagai salah satu media untuk meraih yang diinginkan/citakan dalam hidup secara luas. Silahkan jawab pertanyaan berikut untuk membantu mengenali tujuan hidup Anda & kaitannya dengan dunia karir;
– Apa yang membuat Anda paling bersemangat dalam bekerja?
– Nilai-nilai personal apa yang ingin Anda bawa/terapkan dalam bekerja?
– Apa yang paling Anda lakukan dan inginkan/dapatkan dalam bekerja?

Faktor lain yang bisa digali adalah preferensi profil individu yang bisa didapatkan melalui asessment/tes. Namun, Anda bisa memanfaatkan berbagai instrumen di website psikologi Indonesia maupun luar. Berbagai kuis sederhana ini bisa memberikan informasi tentang diri Anda, carilah yang agak spesifik mengukur/menggambarkan profile personal di dunia kerja/karir.

Identifikasi pula dalam matriks sederhana menggunakan teknik SWOT untuk tiap aktivitas yang akan/sedang dijalani. Termasuk, mana yang memungkinkan Anda untuk bermultiple karir karena era digital memungkinkan (sangat mendukung) terwujudnya ini.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.