Job Portal dan Executive Search, Mana yang Lebih Baik?

oleh | 9 March 2018 | 0 Komentar

Konsultan karir - Job Portal dan Executive Search, Mana yang Lebih Baik_

Dulu, seluruh proses rekruitmen dilakukan sendiri oleh perusahaan. Beberapa tahun belakangan ini, sistem itu sudah ditinggalkan. Banyak yang sudah menggunakan jasa executive search dan web lowongan kerja atau job portal untuk membantu proses rekruitmen mereka. Nah, apa kamu sudah tahu metode mana yang lebih efisien? Keduanya punya kelebihan masing-masing. Untuk membantu kamu menentukan pilihan, berikut perbandingan executive search dan job portal dilihat dari berbagai sisi.

Umumnya digunakan untuk …

Job portal biasanya digunakan untuk mencari kandidat di posisi yang:

– Posisi yang membutuhkan skill umum atau tidak terlalu spesifik dan tinggi

– Multiple roles at once

Kebanyakan job portal memasang iklan lowongan pekerjaan dari berbagai bidang atau tidak dikhususkan untuk bidang tertentu. Melalui job portal, perusahaan memiliki kesempatan untuk menawarkan posisi lain pada kandidat yang melamar di posisi tertentu.

Executive search digunakan untuk mencari kandidat di posisi yang:

– Membutuhkan keahlian khusus atau sulit ditemukan

– Fokus pada peningkatan pendapatan atau level senior

– Bersifat rahasia

Executive search biasanya memiliki staff yang terfokus pada industri tertentu. Ini memudahkan mereka untuk menemukan kandidat yang paling tepat untuk perusahaan.

 

Strategi

Dalam membantu perusahaan, job portal menggunakan strategi “reactive” atau pengaktifan kembali. Mereka mengiklankan lowongan kerja suatu perusahaan di web lowongan kerja mereka yang kemudian didatangi oleh jobseeker yang aktif.

Di sisi lain, sebuah executive search membantu dengan lebih proaktif. Exucutive search menjadi pihak yang bergerak aktif mencari kandidat yang tepat dan menawarkan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mereka berusaha menjangkau setiap kandidat yang berpotensi, meski si kandidat sedang tidak aktif mencari pekerjaan.

Proses Rekruitmen

Karena dapat diakses oleh semua orang, menggunakan job portal akan membuat iklan lowongan kerja perusahaan terlihat oleh lebih banyak kandidat. Dengan begini, selain memudahkan menemukan kandidat yang tertarik dengan posisi yang diiklankan, nama perusahaan juga akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Pencarian kandidat yang dilakukan oleh executive search biasanya lebih personal. Interaksi hanya terjadi antara perusahaan atau kandidat dengan executive search, setelah kandidat setuju barulah ada interaksi antara perusahaan dan kandidat. Sifat personal ini membuat proses rekruitmen lebih tertutup.

Kandidat

Dalam segi jumlah, kandidat untuk mengisi posisi yang kamu butuhkan bisa menjadi jauh lebih banyak dengan menggunakan job portal. Ini adalah dampak positif dari intertnet yang membuat iklan lowongan kerja kamu dapat dilihat oleh masyarakat luas.

Sayangnya, kulitas yang didapatkan tidak sebanding dengan kuantitas. Dari puluhan, ratusan, bahkan ribuan jobseeker yang tertarik dengan lowongan kerja di perusahaanmu, belum tentu semuanya sesuai dengan kebutuhanmu. Bahkan bisa saja tidak ada satu pun yang sesuai.

Dengan menggunakan bantuan executive search, jumlah kandidat yang kamu dapatkan tidak sebanyak hasil iklan lowongan kerjamu. Eits, tapi bisa dijamin hampir semua kandidat yang mereka dapat sesuai atau paling tidak mendekati kebutuhan kamu. Hal Ini karena memang sudah tugas executive search untuk mencari kandidat terbaik untuk kamu.

Finansial

Secara finansial job portal lebih banyak memberikan penawaran dengan harga terjangkau. Beberapa mungkin membatasi jumlah lowongan yang bisa kamu pasang, namun ada juga job portal yang memberikan kamu kesempatan untuk memasang iklan lowongan sebanyak yang kamu butuhkan tanpa batas.

Karena jasa yang ditawarkan lebih besar, pengeluaran kamu mungkin akan sedikit lebih banyak untuk mempekerjakan sebuah executive search, namun ini akan sebanding dengan kualitas kandidat yang akan kamu dapatkan.

Sebagai kesimpulan, menggunakan jasa executive search adalah pilihan terbaik untuk kamu yang memiliki bisnis baru atau sedang berkembang. Dengan memanfaatkan pengalaman dari executive search, kamu bisa menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi penting dalam pengembangan bisnismu. Penggunaan web lowongan kerja atau job portal akan menjadi pilihan tepat untuk menemukan posisi umum dan meningkatkan branding perusahaan. Kembali lagi, setiap metode pencarian kandidat untuk bergabung dengan perusahaan pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.