Istilah lowongan yang beragam

oleh | 12 October 2012 | 0 Komentar

Selamat siang,

Langsung saja ya Pak ke permasalahan. Setiap saya membuka lowongan yang membuat saya bertanya-tanya adalah kalimat ‘pengalaman di bidang yang sama’, karena saya tidak tahu job description apa yang sebenarnya dikerjakan di lowongan. Bisa saja ternyata antar job description terdapat banyak kemiripan, hanya nama saja yang membedakan di masing-masing perusahaan punya istilah nama sendiri-sendiri padahal kalau diseragamkan mungkin saja sama karena terdapat banyak kesamaan.

Karena melihat lowongan dengan terpaku pada kalimat ‘pengalaman di bidang yang sama’, apakah berarti saya mesti mencari lowongan kerja yang mempunyai nama yang sama dengan posisi yang dulu dan perusahaan yang sejenis?

Karena kalau melihat lowongan pada satu jurusan kuliah saja ternyata beragam sekali istilah nama-nama lowongan yang diterapkan pada berbagai perusahaan. Terima kasih Pak sebelum dan sesudahnya atas perhatiannya.

Salam,

Danita

Dear Sdr. Danita,

Pengalaman di bidang yang sama artinya memang seperti yang Anda pahami di atas, namun bukan berarti harus dengan perusahaan yang sejenis. Anda dapat melamar di perusahaan yang berbeda dengan posisi sejenis (mungkin dengan nama berbeda). Tujuan perusahaan mencantumkan kalimat tersebut secara tidak langsung berfungsi sebagai seleksi awal kandidat/pelamar. Selain itu, biasanya kandidat yang diterima akan mendapatkan tugas kurang lebih sama. Tentu tetap diperlukan penyesuaian termasuk pembelajaran terutama pada lingkungan atau produk yang berbeda. Keuntungan lain adalah kandidat telah mengenal medan dan dalam beberapa posisi, seperti marketing, kemungkinan telah memiliki referensi konsumen. Referensi atau jejaring kerja ini dapat menjadi poin lebih bagi kandidat untuk menarik hati perusahaan. Hal ini juga berlaku untuk iklan yang mensyaratkan atau terdapat kalimat (lebih diutamakan/disukai) telah berpengalaman di industri X.

Apabila tidak terdapat syarat tentang pengalaman di posisi atau industri sejenis (X), maka Anda bisa melamar di posisi yang berbeda dari posisi sekarang, selama Anda memang mampu dan benar-benar tertarik dengan pekerjaan tersebut. Tiga tahun terakhir ini, iklan lowongan kerja telah menyertakan deskripsi tugas baik secara general/detil. Apabila tidak tercantum, sebaiknya Anda mencari informasi dari iklan kerja (sejenis) atau sumber lainnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.