HRM & HRD

oleh | 10 November 2009 | 0 Komentar

Apa perbedaan dari HRM dan HRD?
Apa jobdesc dari keduanya?
Kualifikasi apa yang harus dimiliki seseorng ketika ingi mengisi lowongan sebagai HRM atau HRD?
Terima kasih

Sri Rejeki,SPsi

Dear Sdr. Sri Rejeki,

Apakah yang dimaksudkan Human Resource (HR) Management/Manager, HR Department/Development? Secara general, perbedaan keduanya terlihat dari label ‘management’ dan departemen. Untuk level manajemen, tentu kompetensi yang diperlukan jauh lebih kompleks. Orientasinya pun telah meluas pada pengelolaan sumber daya manusia yang ada. Seperti definisi manajemen yakni working through others. Definisi singkat ini cukup merefleksikan bagaimana seorang manajer dituntut untuk mengintegrasikan antara visi-misi perusahaan secara material dan pelaku.

Sementara untuk departemennya sendiri, terdapat beberapa level sesuai kompleksitas & keluasan perusahaan. Biasanya terdiri dari psikologi, hukum dan ilmu sosial lainnya, namun tidak kaku. Prinsipnya menjadi departemen di mana data base seluruh karyawan berada. Selain tugas admin, tugas pengembangan juga menjadi tanggung jawab HRD. Anda pasti tidak asing dengan training, coaching, promosi juga rekrutmen.

Berdasarkan tanggung jawabnya, Anda bisa mencari informasi kompetensi detil di internet,yang biasanya digunakan sebagai parameter rekrutmen HRD/HRM. Ada perbedaan untuk level pemula (staf) dan manajer. Pasti Anda tidak asing dengan kompetensi yang digunakan dalam metode asessment center atau istilah KPI (key performance indicator). Semoga bermanfaat.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.